17 Kru dan Tiga Pelaku Perjalanan Tiba di Pelabuhan PSDKP Tual

Tiga pelaku perjalanan ini akan dikarantina mandiri selama 14 hari di rumah.


Tual, suaradamai.com – 17 kru dan tiga pelaku perjalanan KP. Hiu Macan-3606 tiba di Pelabuhan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tual (PSDKP), Minggu (14/6/2020) sekitar pukul 06.00 WIT.

Kapal pengawas perikanan rute Sorong-Ambon-Tual ini membawa tiga pelaku perjalanan – masing-masing dari Jakarta, Ternate dan Manado – yang merupakan pegawai PSDKP Tual, kembali untuk menjalankan tugas.

Satgas Angkutan Laut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tual melakukan pemeriksaan rutin secara ketat terhadap kru dan pelaku perjalanan: menyediakan tempat cuci tangan, mengecek suhu, mengambil data diri, memeriksa dokumen perjalanan (termasuk hasil rapid test dan kartu kewaspadaan sehat), dan memeriksa isi kapal.

Hasil pemeriksaan tidak ditemukan suhu tubuh yang melebihi batas normal: suhu tertinggi 36,9 derajat celcius, terendah 31 derajat celcius. Dokumen rapid test menunjukkan tiga pelaku perjalanan non reaktif. Tidak ditemukan hal yang mencurigakan di kapal.

Salah satu tim medis Satgas Angkutan Laut dr. Jamil Masihida menjelaskan, tiga pelaku perjalanan ini akan dikarantina mandiri selama 14 hari. Pihaknya akan bekerjasama dengan Puskesmas, Ketua RT/RW, dan Kepala Desa/Dusun untuk terus memantau perkembangan.

“Nanti hari ketujuh atau kesepuluh kita akan tes (RDT) lagi untuk memastikan tidak ada hal yang mengarah ke Covid-19,” tambah dokter yang bertugas di Puskesmas Warkar, Kecamatan Kur Selatan itu.

Di rumah pun pelaku perjalanan harus menerapkan protokol pencegahan penanganan Covid-19 seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan seterusnya.

Editor: Labes Remetwa


Dokumen rapid test menunjukkan tiga pelaku perjalanan non reaktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU