Afifudin Desak Pemkot Ambon Lakukan Rekayasa Lalin

“Penumpukan yang terjadi karena semua mobil yang keluar ke kecamatan baguala tetap satu pintu saja disitu,” Ujar Politisi besutan PPP ini.


Ambon, suaradamai.com– Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) desak untuk dapat melakukan rekayasa lalu lintas, guna meredam kemacetan yang semakin hari meresahkan masyarakat.

Ironisnya, kemacetan yang sering terjadi di ruas jalan DI Panjaitan, Kelurahan Uritetu, hingga mencapai kawasan Batu Merah.,berlangsung di jam produktif, kadang di awal pekan berlangsung hingga 1,5 jam.

Padahal jika ditilik lebih lanjut, tidak ada aktivitas berarti yang dilakukan masyarakat, hanya penumpukan panjang kendaraan yang terjadi tanpa ada solusi jangka pendek pasti yang ditawarkan pemerintah kota Ambon.

Menanggapi hal tersebut Legislator Maluku Dapil Kota Ambon Rovik Afifudin, Senin (8/8/2022) mengakui. hanya ada satu lajur yang dipergunakan bagi kendaraan yang hendak ke kecamatan baguala, dari arah ruas jalan DI Panjaitan tepatnya depan swalayan citra.

“Penumpukan yang terjadi karena semua mobil yang keluar ke kecamatan baguala tetap satu pintu saja disitu,” Ujar Politisi besutan PPP ini.

Jika kemacetan bisa diurai maka pemerintah solusi jangka pendek, pemerintah kota Ambon harus sigap lakukan rekayasa lalulintas.

Solusinya, Jelas Afifudin lakukan rekayasa lalu lintas, misalnya mobil besar jangan dulu lewat disitu, mobil truk, mobil kontainer, becak bisa diatasi pada jam tertentu, itu langkah yang bisa diambil saat ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

Menurutnya pemkot Ambon harus melakukan survei terhadap limit waktu penumpukan kendaraan di ruas jalan yang mengalami kemacetan parah

“Juga harus dibarengi survei, misalnya berapa menit bisa terjadi penumpukan kendaraan disitu sehingga dari data-data itu bisa diantisipasi mungkin bisa dirubah jalurnya mobil dengan trayek tertentu tidak lagi melewati jalur tersebut, sehingga bisa mengurangi akses transportasi jalan tersebut,” Terang Sekertaris DPW PPP Maluku ini.

Solusi dalam waktu dekat rekayasa lalu lintas dulu, prinsipnya apa yang ditawarkan pemerintah kota bakal kita dukung, itu satu dari sekian banyak solusi yang harus diambil, Pungkasnya.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU