Alwi Ohoibor, Mantan Sekretaris Demokrat Malra yang Kini Pimpin Garuda Tual

Sebagai Plt. Ketua DPC Partai Demokrat Malra pada tahun 2008, Alwi berhasil menyumbang dua kader di DPRD Malra. Kemudian, sebagai Sekretaris Demokrat Malra selama kurang lebih 10 tahun mendampingi Edo Rahail, Demokrat Malra secara konsisten menyumbang dua kader di Pileg 2014-2019 dan dua lagi di Pileg 2019-2024.


Langgur, suaradamai.com – Mantan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Maluku Tenggara Alwi Ohoibor, kini dipercayakan oleh Partai Garuda untuk memimpin DPC Partai Garuda Kota Tual.

Alwi mengawali karir politiknya pada tahun 2006 di tingkat Provinsi. Ketika itu ia menjabat Wakil Sekretaris Bidang Politik DPD Demokrat Provinsi Maluku. Ia kemudian dipercayakan menjadi kordinator daerah (Korda) untuk wilayah Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Pada tahun 2008, Alwi dipercayakan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Demokrat Malra. Lewat tangan dinginnya, Demokrat Malra berhasil menyumbang dua kader di DPRD setempat untuk periode 2009-2014. Mereka adalah Marius Edo Rahail yang kemudian menjadi Ketua Demokrat Malra, dan Vinsen Resubun.

Di Kota Tual pun demikian, Alwi berhasil menyulap Demokrat menjadi salah satu Partai yang diperhitungkan di daerah tersebut. Demokrat Tual juga menyumbang dua kader di DPRD. Salah satunya adalah Hasyim Rahayaan yang kemudian menjabat Ketua Demokrat Tual.

Alwi sendiri, dipercayakan sebagai Sekretaris DPC Demokrat Malra. Selama kurang lebih 10 tahun menjabat sebagai Sekretaris mendampingi Edo Rahail, Demokrat Malra secara konsisten menyumbang dua kader di Pileg 2014-2019 dan dua lagi di Pileg 2019-2024.

Karir politik di Demokrat tidaklah terlalu mulus bagi Alwi. Ia harus hengkang ke Partai Garuda karena sejumlah alasan, salah satunya adalah berbeda pilihan terhadap pucuk pimpinan Partai yang didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Alwi memilih Moeldoko, sedangkan sebagian besar kader tetap bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Melalui konferensi pers di Hotel Grand Villia Langgur, Senin (1/2/2022), Alwi menyatakan sikap mengundurkan diri dari Partai Demokrat. Surat pengunduran diri akan ia sampaikan kepada pengurus Partai Demokrat Malra dalam waktu dekat.

Bersamaan dengan itu, Alwi menerima kepercayaan dari Partai Garuda sebagai Ketua DPC Garuda Kota Tual untuk lima tahun yang akan datang. Hal itu ditandai dengan penyerahan atribut partai oleh Kordinator Wilayah (Korwil) Partai Garuda Maluku Muhammad Airun Najib kepada Alwi.

Alwi optimis akan membesarkan Partai Garuda di Kota Tual. Ia bahkan yakin akan menyumbang dua kader Partai Garuda di DPRD Tual.

“Sejarah Garuda di Tual nanti sama seperti Demokrat di Malra. Sejak di Tual, Garuda belum punya kursi. Nah, dengan adanya saya, saya pastikan dua kursi untuk Partai Garuda di tahun 2024,” pungkas Alwi.

Sementara itu, Kordinator Wilayah (Korwil) Partai Garuda Maluku Muhammad Airun Najib mengatakan, Alwi Ohoibor memiliki segudang pengalaman di perpolitikan di Maluku Tenggara dan Kota Tual. Sehingga itulah yang menjadi dasar pertimbangan bagi mereka untuk memberikan mandat kepada Alwi sebagai Ketua DPC Garuda Tual.

Ia berharap, Alwi dapat memenangkan Partai Garuda pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. “Saya berharap, Partai Garuda di bawah kepimimpinan Pak Alwi di Tual, bisa membawa manfaat bagi masyarakat,” ujar Airun.

Untuk diketahui, Alwi Ohoibor sementara menyusun struktur kepengurusan yang baru. Banyak anak muda dilibatkan menjadi pengurus partai. Salah satunya Rili Ririn Usman, yang baru saja meraih gelar sarjana hukum. Alwi mempercayakan Rili sebagai sekretaris.

Pelantikan pengurus DPC Partai Garuda Kota Tual akan dilaksanakan bersamaan dengan DPC Garuda Kabupaten Maluku Tenggara dalam waktu dekat.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU