Begini Kondisi Tujuh Pasien Positif Covid-19 di Kota Tual

Tiga pasien dirawat di RSUD Maren dan empat lainnya di Hotel Anugerah.


Tual, suaradamai.com – Kondisi tujuh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tual dalam keadaan stabil.

“Sesuai perkembangan yang diterima dari tim kesehatan di RSUD Maren maupun rumah sakit darurat itu semua (pasien) dalam kondisi baik,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tual Muchsin Ohoiyuf melalui sambungan telepon, Rabu malam (8/7/2020).

Muchsin menambahkan, tiga pasien dirawat di RSUD Maren dan empat lainnya di Hotel Anugerah yang digunakan sebagai rumah sakit darurat.

“Sampai dengan malam ini (8/7/2020), sesuai dengan data yang kami terima dari pihak medis itu ketujuh pasien yang terkonfirmasi ini dalam kondisi baik, bahkan melakukan komunikasi terus dengan keluarga dan rekan-rekan yang ada di luar lokasi karantina. Ada yang video call, ada yang telepon, dan lain-lain,” kata Muchsin.

“Untuk pasien 01 dan 02, sehari dua ini swab kedua dikirim ke Ambon. Mudah-mudahan dalam pemeriksaan laboratorium nanti kalo dinyatakan negatif berarti sudah bisa kembali ke rumah dan isolasi selama 14 hari di rumah. Setelah itu mereka sudah bisa kembali seperti biasa,” tambah Muchsin.

Terkait keraguan masyarakat terhadap kondisi pasien 01 dan 02 yang diberitakan dalam kondisi baik, sehari setelah GTPP Covid-19 Tual mengumumkan hasil diagnosanya, Mucshin menjelaskan bahwa pengujian sampel swab itu butuh waktu, sementara itu kedua pasien langsung dirawat ketika diketahui hasil rapid test reaktif.

“Dirawat itu bukan pada saat dia (pasien) terkonfirmasi positif, bukan. Begitu di-rapid test dan hasilnya reaktif itu langsung ditangani, perawatan sudah berjalan,” tutur Muchsin. “Jadi lebih dari satu minggu baru hasil swab itu datang. Selama kurun waktu itu, dia sudah menjalani perawatan,” tambahnya.

Untuk diketahui, lima pasien yang baru terkonfirmasi masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Sehingga sedari awal tidak menunjukkan gejala namun sudah terpapar virus.

GTPP Covid-19 Tual berupaya memutus mata rantai penyebaran dengan cara melakukan tracing terhadap orang yang kontak dekat dengan tujuh pasien positif hari ini.

Masyarakat diminta agar tetap tenang dan menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Labes Remetwa


Lima pasien yang baru terkonfirmasi masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU