BEM Polikant Rencanakan Reboisasi Mangrove bersama Warga Ohoi Rat

Rastum harap, dengan kegiatan reboisasi ini akan mengembalikan kesan lama Ohoi Rat.


Langgur, suaradamai.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) akan melakukan reboisasi Mangrove bersama Masyarakat Ohoi Rat Sabtu nanti (26/9/2020).

Ditemui suaradamai.com, Presiden BEM Polikant Rastum Saleh Hanubun mengatakan, kegiatan reboisasi ini merupakan upaya pelestarian bibir pantai Ohoi Rat, Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara.

“Setelah penanaman, kami akan melakukan sosialisasi mengenai ekosistem di situ dan juga membagi pengetahuan kami mengenai perawatan,” jelas Rastum.

Baca juga: Empat Gedung Baru di Polikant Segera Digunakan, Diharapkan KBM Berjalan Optimal

Bibit mangrove (bakau) yang akan ditanami sudah disediakan oleh masyarakat setempat. Mahasiswa Polikant yang punya keahlian di bidang mangrove akan mendampingi kegiatan penanaman nanti.

Rastum harap, dengan kegiatan reboisasi ini akan mengembalikan kesan lama Ohoi Rat, dimana dulunya memiliki hutan Mangrove yang lebat menghiasi pantai. Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat menjaga ekosistem mangrove.

Baksos dan LDK

Sekretaris Umum BEM Polikant Nurul Renfaan menambahkan, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial dan latihan dasar kepemimpinan pada bulan depan.

“Kegiatan yang saat ini sedang disiapkan ada beberapa, yakni sekolah BEM bersama Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Ada juga bakti sosial dimana melakukan pembersihan bersama mahasiswa Polikant dari Ohoi Faan sampai ke kampus Polikant,” ungkap Nurul.

Baca juga: Polikant Tawarkan Konsep Pariwisata kepada Pelaku Pariwisata di Tual

Dua kegiatan ini dilakukan menyongsong peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti.

Saleh dan Nurul harap, seluruh mahasiswa bersatu dan bersama-sama menjalankan kegiatan tersebut bukan hanya sekadar formalitas saja, tetapi juga sebagai bekal pengetahuan untuk masa depan.

Editor: Labes Remetwa


Masyarakat diharapkan turut berpartisipasi menjaga ekosistem mangrove.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU