Berani Bersaing, Produk Pasentren Kabupaten Maros Ikut Festival Pelatihan Vokasi 2022 di Jakarta.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ridwan menjelaskan produk karya alumni BLK Komunitas pesantren Maros berupa busana pesta wanita dari bahan sutera dengan tetap mengedepankan Local wisdom, karena selama ini sutera menjadi andalan Sulawesi Selatan.


Jakarta, suaradamai.com – Puncak Bulan Pelatihan Vokasi Nasional 2022 ditandai dengan Festival Pelatihan Vokasi yang menampilkan profil Balai Latihan Kerja (BLK) dan produk-produk BLK seluruh Indonesia. Kegiatan itu digelar di JCC, Senayan, Jakarta, akhir Oktober 2022 lalu.

Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker, Budi Hartawan mengatakan, Festival Pelatihan Vokasi yang baru pertama dilaksanakan ini merupakan festival Pelatihan Vokasi terbesar seluruh Indonesia. Selain menampilkan hasil pelatihan, juga digelar kegiatan seperti seminar, job fair, dan konser musik.

“Tujuan Festival ini untuk memperkenalkan ekosistem ketenagakerjaan melalui program pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang didukung sistem digital “Siap Kerja”. Membekali para calon tenaga kerja dengan ketrampilan sebelum memasuki dunia usaha. Kemenaker hadir dengan terobosan baru yakni program Siap Kerja,” ujar Hartawan.

Selain itu, Pimpinan BLK Komunitas Pondok Pesantren Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Muhamad Ridwan mengatakan, dalam Festival itu, pihaknya ikut menghadirkan produk-produk karya santri pesantren yang pernah dipamerkan pada level nasional maupun internasional.

“Inilah yang memotivasi kami datang ke Jakarta mengikuti pelatihan Vokasi ini. Kami selalu berpikir kreatif dan berinovasi sehingga nanti melahirkan para santri yang memiliki daya saing dan kreativitas, sambil tidak melupakan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan kiyai,” ungkap M. Ridwan.

Ridwan menjelaskan produk karya alumni BLK Komunitas pesantren Maros berupa busana pesta wanita dari bahan sutera dengan tetap mengedepankan Local wisdom, karena selama ini sutera menjadi andalan Sulawesi Selatan.

“Produk para santri itu ternyata menarik hati para pengunjung di JCC, Senayan. Mereka kagum pada kreativitas dan inovasi para santri itu,” ujar Ridwan.

Ridwan juga mengaku, produk para santri yang telah berjalan selama 2 tahun itu, sudah mendapat tempat di hati masyarakat lewat penghargaan yang diterima. Bahkan karya tersebut akan dipamerkan pada G-20 di Bali.

“Pada 2021 kami menjadi Juara II Pelatihan Vokasi Award 2021. Menteri Tenaga Kerja yang menyerahkan penghargaan itu. Pada tahun yang sama, kami lakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan swasta dan pemerintah. Misalnya dengan PT Semen Bosowa,” jelas Ridwan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada keinginan PT Bosowa dalam melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi perusahaan semen. Bantuan CSR perusahaan itu diberikan kepada kelompok-kelompok usaha yang telah dilatih BLK Komunitas. Sedangkan kerja sama dengan pemerintah adalah pembentukan Perkampungan Menjahit. Sebuah perkampungan produktif yang menjadi ikon Kabupaten Maros, dan skala nasional dalam rangka melahirkan perkampungan kreatif di Indonesia.

“Yang kami lakukan adalah penguatan SDM lewat BLK. Prinsip kami, hanya dengan SDM andal dan kompeten, mereka akan lebih mudah berkarya membentuk kelompok-kelompok usahanya. Alhamdulillah, dari 90 alumni kami yang telah kami latih, 30 lebih sudah berhasil,” tuturnya.

Bukan hanya itu, BLK Komunitas pesantren Maros juga melakukan beberapa kolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal pembentukan pesantren premium.

“Kami lakukan pelatihan softskill dan hard skill kepada para alumni untuk kewirausahaan mereka,” pungkas Ridwan.

Diketahui, Kabupaten Maros terletak sekitar 40 km dari Kota Makassar, dan pesantren Maros terletak sekitar 13 km dari Ibu Kota Kabupaten Maros. Terletak di bawah kaki gunung, pondok pesantren ini tampak sederhana dan tradisional, dengan jumlah santri 300 orang.


Editor: Petter Letsoin

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU