BRI Cabang Tual Kucurkan Rp440 Juta bagi Dua Rumah Ibadah dan Bedah Rumah Warga

Kehadiran BRI Cabang Tual diapresiasi oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan karena turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Tual, suaradamai.com – Bank BRI Cabang Tual menyalurkan dana bantuan bagi pembangunan dua rumah ibadah dan satu rumah warga, senilai Rp. 440.000.000. Program tersebut menjadi bagian dari Coorporate Sosial Responsibility (CSR) melalui BRI Peduli untuk Kota Tual dalam menyambut HUT BRI ke 124 pada tanggal 16 Desember 2019 nanti.

Bantuan diberikan kepada Masjid Hadija yang berlokasi di Dermaga Feri dengan nilai sebesar Rp. 200.000.000. Sedangkan 1 rumah ibadah lainnya yakni Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Kota Tual, mendapat dana Rp. 200.000.000. Untuk program bedah rumah senilai Rp. 40.000.000 diberikan kepada Ibu Zarah Syarif.

Proses penyerahan bantuan kepada masing-masing penerima, secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge dan Kepala BRI Cabang Tual Johanis Alfred Simanjuntak di Pelataran Dermaga Feri Kota Tual, Senin (9/12/19). Proses ini disaksikan langsung oleh para pemangku adat (Raja), Kepala Kantor Kementerian Agama kota Tual Hanafi Kasim dan masyarakat yang hadir saat itu.

Kepala Kantor BRI Cabang Tual Johanis Alfred Simanjuntak mengatakan, pemberian bantuan melalui BRI Peduli ini bukanlah sesuatu yang disengaja. Melainkan sesuai kondisi realitas yang diketemukan.

“Yang saya lihat bahwa Masjid Hadija ini berada di tengah keramaian pasar dan dermaga. Selain itu juga yang saya dengar dari Imam Masjid bahwa masyarakat ingin beribadah dengan khusyuk, sehingga dengan bantuan ini bisa menunjang pengadaan sarana dan prasarana, baik untuk kelengkapan ibadah maupun terkhusus menunjang pembinaan iman anak-anak yang berada area sekitar,” ujarnya.

Sedangkan untuk Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius, tambahnya, saat ini berada dalam tahapan pembangunan. Apalagi Kota Tual di tahun 2020 nanti akan menjadi tuan rumah Pesparani Katolik IV tingkat Provinsi Maluku. Inilah yang menjadi alasan penyaluran bantuan tersebut.

Sementara untuk bantuan bedah rumah, menurut Simanjuntak, kondisi rumah penerima manfaat tergolong layak mendapatkan bantuan. Yang bersangkutan merupakan salah satu warga kurang mampu di Kelurahan Masrum, Kota Tual.

“Proses pembedahan rumah ini sendiri sesuai rencana akan mulai direhab berkisar tanggal 20-an bulan ini. Dan dari pihak Kodim 1503 Tual juga akan turut membantu pihak kami dalam proses pembedahan,” katanya.

Menurut Simanjuntak, dana bantuan telah ditransfer ke rekening pihak Masjid dan Gereja pada hari Senin (9/12/19). “Puji Tuhan, semua proses dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dana itu dapat diproses dan masuk ke rekening masing-masing tanpa ada hambatan,” tutur Simanjuntak.

Simanjuntak menegaskan, penyaluran bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab dan kepedulian sosial BRI terhadap masyarakat Kota Tual, dengan landasan bahwa hasilnya dapat langsung dirasakan masyarakat setempat.

Sementara itu, Wali Kota Tual Adam Rahayaan menyampaikan apresiasi atas program BRI Peduli untuk Kota Tual. Baginya, dengan bantuan tersebut, telah turut membantu Pemerintah Kota Tual dalam membangun.

“Tentunya dengan adanya bantuan ini, saya harapkan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Khusus bagi Gereja St. Fransiskus Xaverius agar dengan adanya bantuan ini, dapat mempercepat hal-hal yang masih kurang. Jika nanti masih belum cukup, Pemkot akan mensiasatinya di tahun 2020. Mengingat gereja ini harus dipersiapkan untuk Pesparani tingkat provinsi nanti, maka perlu digenjot agar cepat selesai pembangunannya” jelas Wali Kota.

Di tempat yang sama, para penerima bantuan menyampaikan rasa syukur, seraya haturkan terima kasih kepada pihak BRI yang telah berkenan menyalurkan bantuan ini.

“Atas nama umat Katolik di Paroki Tual, kami sampaikan limpah terima kasih. Semoga dengan bantuan ini, kiranya dapat membantu menyelesaikan pekerjaan gedung Gereja St. Fransiskus Xaverius Tual sebelum pelaksanaan ajang Pesparani IV Maluku. Dan kedepan bisa menjadi salah satu ikon baru di Bumi Maren Tual,” ucap Pastor Paroki Tual Jack Renyaan. (gerryngamel/labesremetwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU