Buka Rakorda Regsosek BPS Tahun 2022, Pj. Wali Kota Ungkap Manfaatnya Bagi Pemkot

“Pelaksanaan kegiatan Regsosek ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat bermanfaat bagi berjalannya pembangunan Kota Ambon,”kata Wattimena, saat memberi sambutan, di Santika Hotel Ambon, Rabu (12/10/2022).


Ambon, Suaradamai.com  – Membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam rangka Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Tahun 2022, Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena, berharap kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, meningkatkan ketepatan sasaran program-programnya.

“Pelaksanaan kegiatan Regsosek ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat bermanfaat bagi berjalannya pembangunan Kota Ambon,”kata Wattimena, saat memberi sambutan, di Santika Hotel Ambon, Rabu (12/10/2022).

Dijelaskannya, Regsosek ini merupakan langkah yang diambil Pemerintah Pusat (Pempus) Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) Tahun 2020 lalu, guna menata program penurunan angka kemiskinan di negeri ini. Salah satu strateginya adalah transformasi data mendukung registrasi sosial ekonomi, melalui perbaikan data dan pengembangan sistem terintegrasi, 100 persen penduduk.

“Data Regsosek yang dihasilkan nantinya dapat digunakan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan ekonomi,” ulasnya.

Tambahnya, data Regsoksek yang nantinya akan di ambil selama sebulan (15 Oktober-15 November 2022) ini, akan mencakup semua hal yang berada di masyakat.

“Informasi yang dikumpulkan dalam pendataan Regsosek sangat beragam, antara lain kondisi perumahan, kependudukan, dan ketenaga kerjaan, pendidikan, kesehatan dan disabilitas, kepemilikan usaha dan aset, serta keikutsertaan dalam program perlindungan sosial dan pemberdayaan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bodewin turut meminta kepada Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara kegiatan ini, agar dapat membantu pemerintah tak hanya mendata hal-hal tersebut, namun juga mecatat jumlah penduduk kota ini. Mengingat, sampai dengan saat ini angka penduduk masih fluktuatif.

“Saya titip Ibu Kepala BPS, kalau selain mencatat data secara variabel Regsosek, mungkin dapat mencatat penduduk di Kota Ambon, pada saat pendataan. Minimal kita mendapat gambaran jumlah penduduk yang mendekati kebenaran,” pintanya.

Menutup sambutan tersebut, dirinya meminta agar seluruh unsur masyarakat dan pemerintah di lingkup kota ini, dapat mendukung program BPS ini agar dapat terselenggara dengan baik, dan tentunya dapat berimplikasi pada hal-hal yang menguntungan masyarakat itu sendiri.

“Pelaksanaan Regsosek membutuhkan dukungan, dan koordinasi dari semua unsur, mulai dari DPRD Kota Ambon, Forkopimda kota, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh pimpinan umat beragama, dan semua tokoh masyarakat, sampai pada  satuan yang terkecil, diharapkan dengan dukungan ini pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Pembukaan Rakorda Regsosek BPS Tahun 2022, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU