Bupati Bintuni Serahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran kepada 22 OPD dan 24 Distrik

Acara penyerahan DPA ini disatukan dengan acara serah-terima jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).


Bintuni, suaradamai.com – Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiuw menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2022, kepada 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 24 distrik.

Acara penyerahan dilakukan di gedung Sasana Karya Perkantoran SP 3, Distrik Manimeri, Teluk Bintuni, Papua Barat, Senin (21/3/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengakui ada keterlambatan dalam memproses DPA. Namun, keterlambatan itu terjadi bukan tanpa alasan.

“Patut disadari bahwa pengisian atau penginputan data ke sistem SIPD cukup membutuhkan ketelitian,” kata Bupati menyebutkan alasan keterlambatan.

Kasihiuw menambahkan, pelaksanaan penyerahan DPA pada tahun 2022 ini merupakan implementasi kelanjutan dari penyusunan Rencana Strategis (Renstra) OPD yang disusun untuk jangka waktu lima tahun.

Sebab itu, Bupati menegaskan agar kepala OPD selaku pengguna anggaran selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan dan penatausahaan barang daerah dengan baik. OPD, sambung Bupati, harus taat pada perundang-undangan, menjunjung tinggi asas keadilan dan kepatuhan, serta memperhatikan rencana dan prioritas program dalam RPJMD.

Bupati pun menyampaikan tiga catatan penting bagi para pengguna anggaran, dalam rangka pengelolaan dan penggunaan anggaran yang lebih baik.

Pertama, setiap OPD harus memastikan pelaksanaan program kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. “Dan jangan lupa lakukan pengawasan atau monitoring serta evaluasi atas pencapaian sasaran kegiatan,” tandas Bupati.

Lebih lanjut Kasihiuw menegaskan agar semua pengguna anggaran patut belajar dari kesalahan masa lalu guna memperbaiki kualitas anggaran. Sebab, penyerapan anggaran cenderung rendah di awal tahun dan menumpuk di akhir tahun.

“Ini tentu saja kurang baik dari sisi perencanaan maupun manajemen kas daerah,” papar Bupati.

Catatan terakhir yaitu tentang pendelegasian tugas. Bupati harap semua kepala OPD dapat menjalankan fungsi manajerialnya dengan baik, sehingga seluruh staf mendapat pembagian porsi pekerjaan dan tugas dengan tepat. Yang pada akhirnya, seluruh program dan kegiatan dapat berlangsung tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna.

“Saya percaya, dengan sinergitas yang optimal di antara seluruh komponen pemerintah daerah, maka kita mampu mewujudkan pembangunan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing,” ujar Bupati.

Serah-Terima Jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

Usai prosesi penyerahan DPA, kegiatan dilanjutkan dengan acara serah-terima jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Herman Kayame, kepada Plt. Kepala BPKAD Teluk Bintuni yang baru, Laras Nuraini.

Selain menandatangani berita acara serah-terima jabatan, Kepala BPKAD yang lama Herman Kayame menyerahkan aset yang melekat pada dirinya, seperti rumah dinas, kendaraan dinas, kepada Plt. Kepala BPKAD Teluk Bintuni Laras Nuraini.

Sebagai kepala daerah, mewakili mayarakat dan negara, Kasihiuw mengucapkan terima kasih kepada Herman Kayame atas pengabdian yang tulus dan tanpa pamrih.

Secara khusus untuk prestasi dua kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama masa pengabdian di tanah Sisar Matiti.

Kasihiuw juga mengucapkan selamat mengemban tugas kepada Laras Nuryani, selaku Plt. Kepala BPKAD.

Bupati berharap, kinerja baik yang telah dibentuk di BPKAD oleh Herman Kayame dapat dilanjutkan dan ditingkatkan demi pelayanan public yang baik, terutama dalam transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU