Bupati Hanubun Serahkan 63 Unit Bantuan Sarana Penangkapan dan Budidaya

Adapun bantuan pemberdayaan ini bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perikanan.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun menyerahkan 63 unit bantuan sarana penangkapan ikan dan budidaya rumput laut, kepada nelayan dan pembudidaya yang tersebar di 11 kecamatan di daerah tersebut.

Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Rabu (12/10/2022). Bupati Hanubun, Asisten Administrasi Umum Martinus Mon, dan Kepala Dinas Perikanan Malra Nico Ubro menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para perwakilan.

Lewat bantuan ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap dan budidaya; meningkatkan  pendapatan dan kesejahteraan; serta menjadikan Maluku Tenggara sebagai sentra penghasil ikan dan rumput laut terbesar di Maluku. 

Adapun bantuan pemberdayaan ini bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perikanan. Pemkab Malra, menurut Bupati, mengarahkan DAK tahun 2022 untuk pemulihan dan penguatan ekonomi daerah, guna meningkatkan daya beli masyarakat dan daya saing daerah.

Sebanyak 63 unit bantuan kali ini diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan berupa Sarana Penangkapan Ikan sebanyak 36 Unit dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) berupa Sarana Budidaya Rumput Laut sebanyak 27 unit.

“Pemberian sarana pemberdayaan ini merupakan wujud nyata kesungguhan dan komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan guna menjawab visi dan misi yang termuat dalam RPJMD, serta bentuk kepedulian terhadap peningkatan ekonomi masyarakat untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ujar Bupati Thaher dalam sambutannya.

Thaher menambahkan, sejak ia dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin menjabat pada 2018 lalu, pihaknya telah menyalurkan bantuan sarana penangkapan ikan sebanyak 220 unit, yang diberikan kepada 220 KUB Nelayan Tangkap. Kemudian sarana budidaya rumput laut sebanyak 126 unit, yang diberikan kepada 126 Pokdakan.

Selain itu, pihaknya juga telah memfasilitasi penguatan usaha berupa kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan dan SDM, dan juga perlindungan terhadap nelayan dan pembudidaya berupa Kartu Usaha Pelaku Perikanan (Kusuka), serta pembangunan infsrastruktur berupa jalan produksi.

“Harapan saya, kepada saudara-saudara yang berkesempatan untuk menerima sarana pemberdayaan ini, agar dapat memanfaatkannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Bupati.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU