Bupati Hanubun Serahkan Lima Jenis Bantuan bagi Penerima Manfaat

Total bantuan yang disalurkan sebesar Rp5,36 miliar. Dari jumlah itu, Rp4,74 miliar merupakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan sembako.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menyerahkan lima jenis bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat. Bantuan diserahkan di Aula Kantor Bupati, Jumat (9/9/2022).

Adapun bantuan tersebut yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan sembako, bantuan Bahan Bangun Rumah (BBR), bantuan santunan kematian bagi ahli waris korban bencana alam, bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas, dan bantuan permakanan bagi Lansia dan anak terlantar di panti asuhan maupun luar Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Malra Hendrikus Watratan menjelaskan, bantuan ini bertujuan mengurangi beban pengeluaran masyarakat dari lonjakan harga yang terjadi secara global, menekan angka inflasi, mengurangi beban pengeluaran keluarga korban, membantu penyandang disabilitas fisik, dan membantu meningkatkan gizi bagi Lanjut Usia (Lansia), penyandang disabilitas, dan anak terlantar.

Total bantuan yang disalurkan senilai Rp5,36 miliar.

BLT BBM dan Sembako

Watratan melaporkan, BLT BBM dan sembako bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI tahun 2022 dengan total anggaran sebesar Rp4,74 miliar. Bantuan ini disalurkan sebanyak dua tahapan melalui PT. Pos Indonesia kepada 4.743 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 11 kecamatan.

Masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar Rp500 ribu, dengan rincian BLT BBM senilai Rp150 ribu per bulan per KPM yang dibayarkan Rp300 ribu sekaligus. Kemudian bantuan sembako bulan September 2022 senilai Rp200 ribu per KPM.

Bantuan santunan kematian

Bantuan santunan kematian juga bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI tahun 2022 sebesar Rp90 juta.

Bansos ini disalurkan kepada ahli waris korban bencana alam sebanyak enam ahli waris di Ohoi Tuburlay, Banda Ely, dan Warbal, senilai Rp15 juta per orang.

Bantuan Bangun Rumah (BBR)

Sama dengan BLT BBM, sembako, dan santunan kematian, Bantuan Bangun Rumah (BBR) juga bersumber dari APBN Kementerian Sosial RI tahun 2022. Total anggarannya Rp300 juta.

Bantuan ini disalurkan kepada korban bencana alam yang mengalami rumah rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan, untuk 27 KK di Ohoi Larat, Waur, dan Dunwahan.

Adapun yang menerima bantuan untuk rumah rusak berat ada dua KK, masing-masing menerima Rp25 juta.

Kemudian untuk rumah rusak sedang ada 10 KK masing-masing menerima Rp10 juta, 1 KK Rp14 juta, 2 KK masing-masing Rp17 juta, dan Rp18 juta untuk 1 KK.

Selanjutnya untuk rumah rusak ringan bagi 8 KK masing-masing mendapat Rp5 juta, 2 KK masing-masing Rp7 juta, dan Rp10 juta untuk 1 KK.

Bantuan kursi roda

Bantuan ini bersumber dari DPA Dinas Sosial Malra tahun 2022 sebesar Rp75 juta.

Bantuan berupa kursi roda disalurkan kepada 12 penyandang disabilitas fisik di Kecamatan Kei Besar Utara Barat dan Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

Bantuan permakanan

Bantuan ini juga bersumber dari DPA Dinas Sosial Malra tahun 2022 sebesar Rp110 juta.

Bantuan diserahkan kepada Lanjut Usia (Lansia), penyandang disabilitas, anak terlantar, serta gelandangan dan pengemis, sebanyak 100 orang pada tujuh kecamatan.

Adapun jenis barang yang disalurkan kepada masing-masing orang berupa beras 18 kg 1 karung, mie keriting 2 pak, susu dancow putih 2 renteng, telur ayam 1 rak, kacang hijau 2 kg, gula pasir 3 kg, dan biskuit kaleng kecil 1 kaleng.

Bantuan permakanan bagi anak di LKS

Bantuan ini juga bersumber dari DPA Dinas Sosial Malra tahun 2022 sebesar Rp40 juta.

Diserahkan kepada anak terlantar di dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sebanyak 50 orang pada empat LKS.

Mereka masing-masing menerima bantuan berupa telur ayam 1 rak, gula pasir 3 kg, susu dancow cokelat 2 renteng, kacang hijau 3 kg, dan beras 18 kg 1 karung.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU