Bupati Ingatkan Meningkatnya Angka Kematian Ibu dan Bayi

Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara (Dinkes Malra) menggelar Forum Perangkat Daerah.


Langgur, suaradamai.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara (Dinkes Malra) menggelar Forum Perangkat Daerah. Forum untuk penyempurnaan dan sinkronisasi perencanaan bidang kesehatan ini, menarik perhatian karena adanya peringatan dari Bupati Malra M. Thaher Hanubun kepada Dinkes dan peserta kegiatan.

Dalam sambutnnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Malra Ahmad Yani Rahawarin, Bupati mengatakan bahwa forum tersebut merupakan salah satu tahap penting dari proses dan mekanisme perencanaan bersama antara pelaku pembangunan untuk membahas, mensinkronkan, memverifikasi prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang ohoi dan kecamatan.

“Nantinya hasil Musrenbang itu, yang dimuat dalam rencana kerja masing-masing SKPD untuk kemudian dibawa dalam pembahasan dan pengkajian pada rapat-rapat Musrenbang kabupaten yang akan datang,” kata Bupati pada pembukaan Forum OPD Kesehatan yang berlangsung di Ballroom Suita-Ohoijang, Jumat (13/3/20).

Kepada Dinas Kesehatan dan peserta kegiatan, Bupati menekankan agar setiap substansi rencana kerja tahunan bidang kesehatan yang lahir dari forum tersebut harus di bawah payung rencana kerja strategis daerah, tidak mengesampingkan isu-isu strategis dan masalah mendesak dalam kehidupan masyarakat yang membutuhkan penanganan cepat.

“Dewasa ini pendekatan yang kita lakukan adalah pendekatan kewilayahan. Dimana di dalamnya ada aspek pemerataan dan pendekatan problem solving (pemecahan masalah) yang bertujuan untuk mengatasi tuntutan kebutuhan berdasarkan permasalahan yang dihadapi,” tekannya.

Bupati mengingatkan, Forum OPD bidang kesehatan lebih memprioritaskan masalah kematian ibu melahirkan dan kematian bayi, stunting, penyakit menular dan tidak menular, serta jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, ketersediaan obat dan perbekalan kesehatan di fasilitas kesehatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit.

“Harus lebih mementingkan upaya promotif dan preventif (pencegahan) terutama pada pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas dan Jaringannya),” ingatnya. (gerryngamel/tarsissarkol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU