Bupati Thaher Apresiasi Kegiatan Penghijauan Yayasan Ain Ni Ain

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).


Elat (Rahareng Atas), suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyambut positif prorgram penanaman pohon yang berlokasi di Ohoi Rahareng Atas Kecamatan Kei Besar, Jumat (5/6/2020).

Bupati Thaher Hanubun dalam sambutannya mengatakan, Yayasan Peduli Lingkungan Ain Ni Ain luar biasa. “Mereka sudah mensiasati supaya hari ini kita semua dapat merasakan begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia,” kata Bupati Thaher saat meresmikan penanaman perdana 1500 pohon di Lapangan Sepakbola Rareng Atas.

“Mari katong jaga alam ini, dengan begitu alam juga akan menjaga kita. Usahakan agar lingkungan tetap terjaga, dan air tetap ada,” pinta Bupati.

Ketua Yayasan Ain Ni Ain Hanni Notanubun dalam laporannya mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian sumber mata air yang diwujudkan dengan kegiataan-kegiatan penghijauan di daerah tangkapan air, menjaga dan melindungi sumber air Rahareng Atas sebagai sumber vital PDAM aset Pemda Maluku Tenggara agar tetap lestari dan berkelanjutan, melindungil sumber air Rahareng Atas dari kekeringan, banjir, longsor, erosi, sedimentasi pencemaran air, dan  penurunan debit serta mempertahankan daerah hulu sumber air Rahareng Atas sebagai buffer zone (zona penyangga) dalam mensuplai dan menyimpan air tanah bagi Kota Elat dan ohoi sekitar.

Kepala Ohoi Rahareng Atas Rony Ohoiner manyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama Yayasan Peduli Lingkungan Ain Ni Ain yang peduli terhadap keberadaan sumber air Rahareng Atas, Rony berharap kedepan kegiatan serupa tetap berlanjut. Rony juga mengimbau warganya maupun masyarakat ohoi sekitar agar tetap menjaga dan melestarikan daerah sumber air dengan tidak melakukan aktivitas penebangan pohon.

Untuk dikethui, 1500 pohon yang ditanam di antaranya pala banda, mahoni, jambu mente dan pohon kenari.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU