Dari Gereja bagi Penderita Lepra Menjadi Kapel Adorasi untuk Semua Umat

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tepat hari Minggu (16/7/2023), Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno (Inno) Ngutra dalam kunjungan kanoniknya di Kepulauan Kei, berkesempatan hadir memberkati dan meresmikan Kapel Adorasi Abadi Savsiuw.


Langgur, suaradamai.com – Rumah sakit bagi para penderita lepra atau kusta di Savsiuw, Langgur, Kepulauan Kei, pada tahun 2003 tidak memiliki pasien. Yang mereka punya adalah satu gereja yang memang dikhususkan untuk melayani pasien dari rumah sakit tersebut.

Saat itu, rumah sakit kosong, gereja tidak terisi.

Pada tahun yang sama, Charles Tjoanda dan Gerardus Lerebulan dan sejumlah umat lainnya, tergerak untuk mengaktifkan kembali Gereja Savsiuw. Mereka mendapat izin dari Wakil Uskup saat itu Pastor Costan Ohoira, Pr dan Uskup Diosis Amboina.

Tiga tahun kemudian, terjadi pergantian Wakil Uskup Kei Kecil yang kemudian dipimpin oleh Pastor Hans Rettob, MSC. Di masa kepemimpinan Pastor Hans, gereja tersebut masih menjadi rumah doa, tetapi ditetapkan sebagai Kapel Adorasi Abadi.

Kapel Adorasi berbeda dengan kapel pada umumnya. Kapel adorasi adalah tempat dimana ada sakramen mahakudus yang ditempatkan di dalam monstrans dan ditakhtakan 1 x 24 jam setiap hari. Selama itu pula, doa-doa terus dipanjatkan.

“Sepanjang 24 jam, tidak boleh ada yang kosong. Malam pun tetap ada yang tidur dan berjaga-jaga, selama 20 tahun terakhir sampai hari ini,” ungkap Ketua Kapel Adorasi Savsiuw, Gerry Lerebulan, kepada wartawan, Minggu (16/7/2023).

Bangunan doa berdiri kokoh, tetapi gedung Kapel Adorasi Savsiuw sudah hampir roboh.

Selama 13 tahun menggunakan kapel, pada tahun 2016, Gerry dan kawan-kawan mulai merencanakan pembangunan kapel yang baru.

Seperti ungkapan iman “rencana Tuhan indah pada waktunya”, maksud pembangunan kapel baru berjalan mulus. Tak disangka-sangka, kunjungan Perhimpunan Usahawan Katolik Kota Ambon menjadi jawaban.

Sebanyak kurang lebih 25 orang usahawan katolik dari Ambon berwisata rohani di Kepulauan Kei. Kapel Adorasi Savsiuw merupakan salah satu lokasi tujuan. Bahkan mereka berdoa di kapel setiap kali ada misa.

“Sehari sebelum pulang mereka tanya ‘bangun kapel ini (biaya) berapa?’ ‘Tidak usah bentuk panitia, kami siap bangun dan langsung serahkan kunci’. Itu total anggarannya Rp750 juta, mereka saweran sendiri, cari kontraktor sendiri, pesan bahan sendiri, kerja sendiri sampai selesai dan serahkan kunci,” ungkap Lerebulan.

Dengan bertambahnya jumlah umat yang berdoa di kapel adorasi, maka kebutuhan akan tempat ibadah yang lebih luas sangat dibutuhkan. Sebab itu, di bangunan baru tersebut, pengurus kapel bersama umat secara swadaya mencari tambahan dana sebesar Rp200 juta untuk membangun teras kapel baru.

Akhirnya, tepat hari ini, Minggu (16/7/2023), Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno (Inno) Ngutra dalam kunjungan kanoniknya di Kepulauan Kei, berkesempatan hadir memberkati dan meresmikan Kapel Adorasi Abadi Savsiuw.

Dalam sambutannya pada momen pemberkatan dan peresmian, Uskup Inno mengaku berbahagia dengan adanya kapel yang baru.

“Terima kasih bahwa selama 20 tahun Anda telah berjuang. Tetapi, terlebih, Anda tetap menciptakan suasana doa. Sehingga tempat ini betul-betul menjadi rumah Tuhan,” ujar Uskup.

Uskup berharap, jelang pesta perak atau tepatnya pada tahun 2028, kawasan Kapel Adorasi Abadi Savsiuw menjadi pusat atau taman doa.

Kawasan tersebut akan dipugari dengan tembok keliling agar lebih terjaga. Di dalamnya, ada aula, lokasi santo/santa, lokasi jalan salib, hingga tempat peristiwa rosario.

“Kalau dulu, orang sakit kusta bisa disembuhkan di sini. Maka percaya, Tuhan tetap akan melakukan mujizat di sini, Sekaran dan sampai selama-lamanya,” pungkas Uskup dan dijawab “Amin” oleh umat.

Editor: Labes Remetwa

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU