Dinas Kominfo KKT Gelar Pelatihan Dasar Jaringan Online dan Offline

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berpusat di Balai Desa Tumbur, Selasa (14/11/2023), selain dilakukan pelatihan, juga lomba pemasangan jaringan oleh para peserta yang terdiri dari 3 kelompok.


Tanimbar, Suaradamai.com  – Dalam rangka mendukung program pengembangan ekosistem digital sektor peningkatan kompetensi bagi masyarakat di Daerah 3T, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95/2018 dan Peraturan Derah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Nomor 12/2021 Tentang pengelolaan SPBE salah satunya yaitu Pengelolaan Manajemen Tata Kelola Sumber Daya TIK. Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menggelar Pelatihan Dasar Jaringan V-SAT IP Secara Online dan Offline.

Berpusat di Balai Desa Tumbur, Selasa (14/11/2023), selain dilakukan pelatihan, juga lomba pemasangan jaringan oleh para peserta yang terdiri dari 3 kelompok.

Dalam penjelasannya, Kadis Kominfo Junus Frederick Batlayeri, mengatakan bahwa prinsip utama yang ada pada Kominfo, diera sekarang ini internet itu tidak pernah statis, internet itu dinamis berkembang dan berubah di setiap detik. 

“Motivasi kami di Kominfo adalah bagaimana penyiapan sumber daya manusia di dunia bahkan di Indonesia timur, kawasan perbatasan khususnya 3T ini mengalami digitalisasi yang sangat luar biasa sehingga terobosan ini kami bawa ke Tanimbar agar dengan adanya kegiayan pelatihan ini, pasti ada 40 anak Tanimbar yang telah memiliki sertifikat di tingkat Nasional yang siap bersaing keluar dan kemana saja, sehingga mereka tidak dikategorikan lagi sebagai kemiskinan digital,” jelas dia.

Kata Batlayeri, dalam giat ini, merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di Kabupaten ini, karena pelatihan ini yang harusnya diadakan di Provinsi nyatanya untuk pertama kalinya diadakan di wilayah kabupaten lebih khusus di pelosok desa.

Senada dengan Kadis Kominfo, Ali yang sebagai Tim layanan TI Bhakti, menjelaskan, kalau dari Bhakti menyelenggarakan pelatihan ini untuk intervensi daerah bahwa tuk melihat adanya kebutuhan teknisi di daerah ini masih sangat minim. 

“Untuk itu dengan kebutuhan yang sangat panjang ini dibutuhkan talenta digital yang nantinya dibutuhkan di daerah,” ucap Ali.

Ditambahkan, Pelatihan lima hari ini adalah bagaimana menginstal, kemudian mengoperasikan dan pemeliharaan.

“Jadi kalau untuk saat ini yang kita latihkan ini adalah teknologi satelit tentunya ini berbeda dengan BTS yang ada di Tanimbar,”ucapnya.

Ali berharap agar pelatihan ini dilaksanakan tentunya untuk dapat menginisiasi dan mengembangkan kompetensi masing-masing peserta, pelatihan teknisi ini dilaksanakan untuk semua peserta dan mempunyai nilai tambah setelah mengikuti pelatihan dengan baik.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU