Distan Tual Maksimalkan Balai Pembibitan Ternak Salurkan Bibit

Hingga saat ini balai tersebut sudah menghasilkan bibit ternak lokal sebanyak 500 ekor.


Tual, suaradamai.com – Dinas Pertanian Kota Tual memaksimalkan Balai Pembibitan Ternak di Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara untuk menyalurkan bibit kepada kelompok peternak binaan.

Hal ini bertujuan untuk mengefisiensi anggaran serta mengatasi masalah rentang kendali. Sebab, pengadaan bibit, sebelumnya, dari luar daerah.

“Kami memiliki Balai Pembibitan Ternak di Ohoitel sejak beberapa waktu ini, dari sana kami menyalurkan bibit unggas dan ternak, agar mengefisienkan anggaran yang ada,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dominggus Kastanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Onggo, sapaan Dominggus, menambahkan, hingga saat ini balai tersebut sudah menghasilkan bibit ternak lokal sebanyak 500 ekor. Bibit tersebut kemudian disalurkan kepada 20 kelompok peternak binaan di empat kecamatan.

“Kami harap hal tersebut dapat membantu para peternak dalam mendapatkan bibit yang baik dengan lokasi yang tidak jauh,” ujar Onggo.

Sayangnya, kualitas bibit yang dihasilkan tahun ini agak menurun. Sehingga belum bisa membagikan bibit kepada peternak, tetapi diharapkan pertengahan tahun ini sudah ada bibit yang baik.

Onggo menegaskan, pihaknya membagikan bibit kepada kelompok adalah peternak profesional, bukan amatiran. Sehingga bisa produksi bisa berkelanjutan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU