DPKP Malra Dorong Cluster Wortel Di Kei Besar

“Kita telah melakukan proses komunikasi sejak awal bulan Meli 2021, dan respon dari masyarakat sangat baik dan menerima serta mendukung,” jelas Latuconsina.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mendorong pengembangan Cluster Wortel di Kei Besar.

Kepala Bidang Hortikultura DKPP, Amin Latuconsina, kepada media di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021), Menjelaskan, Kei Besar Selatan dan Kei Besar Selatan Barat saat ini menjadi titik fokus pengembangan Kluster Wortel.

“Kita telah melakukan proses komunikasi sejak awal bulan Meli 2021, dan respon dari masyarakat sangat baik dan menerima serta mendukung,” jelas Latuconsina.

Beberapa ohoi yang telah disiapkan diantaranya Ohoi Uat, Ohoi Tamangil dan Ohoi Larat. Untuk Ohoi Larat, tahap awal disiapkan lahan kurang lebih 3 Hektar, saat ini sudah dilakukan pembukaan lahan dan pembendengan atau membajak tanah.

“Pada tahapan ini, kita lakukan sosialisasi atau pembekalan bagi masyarakat tentang setiap proses yang harus diketahui seperti pupuk, semai, maupun tahap panen. Hal ini sangat penting dilakukan,”jelasnya.

Menurutnya, komoditi wortel adalah hal baru bagi masyarakat sehingga perlu pendampingan oleh dinas, namun keterlibatan masyarakat merupakan kunci utama.

“Dari proses semai hingga panen membutuhkan waktu 90 hari. Satu Hektar bisa hasilkan 2000 tanaman wortel bisa mencapai kurang lebih 10-15 ton. Jika disesuaikan standar nasional, 1 kg seharga Rp 15 ribu, dalam sebulan petani bisa mendapatkan keuntungan Rp 10 Juta,”tutup Latuconsina.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU