Selasa, Desember 1, 2020

DPKPP Bantu Bangun dan Rehab Ratusan Unit Rumah di Kei Besar

Selain Kei Besar, ada bantuan perumahan dari pusat untuk wilayah Kei Kecil.


Langgur, suaradamai.com – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Maluku Tenggara bantu bangun 328 unit rumah di Kecamatan Kei Besar Utara Barat melalui BSPS DAK 2020.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Dana Alokasi Khusus (BSPS DAK) itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Total anggaran untuk 328 unit rumah tersebut sebesar Rp 5,7 miliar dan dikucurkan ke 12 ohoi.

“Pembangunan sudah mencapai 75% dan ditargetkan selesai sebelum berakhirnya tahun 2020,” kata Kadis PKPP kepada suaradamai.com di ruang kerjanya, Selasa (17/11/2020).

Tidak hanya itu, lewat APBN, Balai Perumahan memberikan bantuan 100 unit rumah bagi masyarakat di Kei Kecil, yakni untuk Ohoi Mastur dan Ohoi Ohoinol.

Ohoi Mastur mendapat 27 unit dan Ohoi Ohoinol mendapat 73 unit rumah. Pembangunan 100 unit rumah dalam tahap pengerjaan dan akan segera selesai. Adapun bantuan dalam rangka penanganan stunting di Ohoi Mastur yakni 20 unit MCK yang telah selesai dibangun.

Standar ukuran rumah yang dibangun atau dibantu, kata Kadis, dalam penilaian adalah rumah dengan tipe 36, yakni ada ruang tamu, dapur dan toilet.

“Permasalahan penilaian rumah di Kepulauan Kei ada beberapa, seperti pemilik rumah di sini sebenarnya berpenghasilan rendah namun rumahnya besar karena biaya pembangunan dikirim dari luar. Adapun masalah lainnya yakni dalam satu rumah lebih dari 1 KK yang menghuni rumah tersebut, ini menjadi bahan penilaian yang cukup sulit,” ungkap Afan.

Afan menambahkan, peningkatan kualitas dan pengembangan perumahan terbagi jadi 3 kategori, antara lain rusak ringan, sedang dan berat. Untuk ringan dan sedang biasanya dilakukan perbaikan atap atau dinding dan untuk berat biasanya dibangun baru.

“Dulu tahun 2018 pernah ada bangun baru 3 rumah di Ohoi Tetoat karena pelebaran jalan waktu itu oleh pemerintah,” sambung Afan.

Jadi DPKPP memberikan bantuan dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan perumahan melalui dua sebab, yakni bencana alam dan pembangunan ulang karena program kerja pemerintah.

Afan harap, kedepannya akan ada lagi bantuan dengan jumlah besar sehingga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas pemukiman.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU