DPRD Bau-Bau Belajar Pengelolaan Pariwisata di Ambon

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ambon, suaradamai.com – DPRD Kota Bau-Bau melaksanakan Kajian Antar Daerah (KAD) guna mengetahui pengelolaan destinasi wisata di Kota Ambon.

Rombongan DPRD Kota Bau-Bau dipimpin oleh Ketua H. Zahari diterima oleh Asisten III Setda Ambon Robby Sapulette, bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Rico Hayat, di Ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota Rabu (15/5/2024).

Usai kegiatan, Sapulette menyampaikan bahwa KAD dari Bau Bau ini dalam rangka belajar mengenai pengembangan destinasi wisata di Kota Ambon. Sebab secara karakteristik, kedua kota ini memiliki kemiripan baik dari segi topografi wilayah dan aspek budaya.

“Perbedannya adalah kota Ambon sudah meraih berbagai penghargaan baik di tingkat daerah maupun pusat, sehingga Bau-Bau ingin belajar dari Kota Ambon. Sehingga nantinya mereka kembali ke Bau-Bau dan berkoordinasi dengan OPD teknis terkait pengembangan pariwisatanya,” jelas Ririmasse.

Lebih lanjut Ririmasse menjelaskan, sektor pariwisata termasuk di dalamnya sub sektor ekonomi kreatif, menjadi salah satu sektor unggulan di Kota Ambon yang terus dioptimalkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Senada, Kadisparbud Kota Ambon Rico Hayat, memberikan apresiasi yang tinggi atas KAD yang dilakukan oleh DPRD Bau-Bau. Sebab menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa pengelolan dan pengembangan Pariwisata Kota Ambon sudah ada di jalur yang benar. Sehingga banyak daerah tertarik untuk belajar di sini.

Hayat mengakui, pihaknya terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata di Kota Ambon, meskipun dengan anggaran yang terbatas. Hasilnya, sejumlah penghargaan telah diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Salah satunya Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023.

“Kuncinya adalah kita terus mengembangkan jaringan dan diplomasi, sehingga meski dengan anggaran yang terbatas kita dapat terus berinovasi dan melakukan yang terbaik. KAD ini tentunya menjadi motivasi bagi kami di Disparbud Kota Ambon untuk terus mempertahankan itu,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bau-Bau H. Zahari mengatakan, dengan kegiatan KAD ini pihaknya mendapatkan kiat-kiat untuk meningkatkan sektor pariwisata di kotanya.

“Sebab, sama seperti Ambon, Bau-Bau tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah. Jadi kita bergantung pada sektor pariwisata, juga sektor jasa dan perdagangan,” jelas dia.

Ia berharap, dari berbagai data dan informasi yang diterima dapat dibawa pulang dan didiskusikan dengan pemerintah kota setempat untuk bagaimana mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Bau-Bau.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU