DPRD Desak Timsel “Genjot” Proses Sekda Definitif


Ambon, Suaradamai.com   – Terhitung sudah satu bulan lamanya, belum ada progres berarti dari Tim Seleksi (Timsel) Sekertaris Daerah Provinsi Maluku, yang diketuai Rektor Universitas Pattimura Martinus Sapteno.

Sementara, berkas ke tiga nama calon sekda definitif telah diusulkan timsel ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), namun prosesnya seolah berjalan di tempat.

Lambannya kinerja Timsel menuai tanggapan dari Ketua Komisi I DPRD Maluku Amir Rumra.

“Akibat lambanya proses, publik pun bertanya tanya, siapa sekda definitif yang baru, nama yang diusulkan hingga kini masih menunggu keputusan, padahal prosedur yang dilakukan sudah berdasarkan persyaratan,” Terang Rumra Rabu (28/9/2022) di Baileo Karang Panjang Ambon.

Menurutnya, timsel harus berinisiatif untuk melakukan langkah Komunikatif dengan pusat, jika hanya menunggu maka harus memahami jika jabatan pelaksana tugas (plt) juga punya batasan waktu.

Yang namanya pelaksana tugas (plt) dengan definitif itu pasti berbeda, tentunya salah satunya dalam kewenangan kerja, sementara tugas pelayanan publik sekda definitif sudah harus berjalan.

“Kami sama sekali tidak mempersoalkan siapa yang bakal menjabat, karena itu merupakan hak Prerogatif Gubernur Maluku yang berurusan dengan pemerintah pusat,” Tegas Politisi PKS ini.

Untuk itu, DPRD Maluku berharap diawal Oktober atau sebelum pembahasan APBD Perubahan tahun 2022 sudah ada penetapan Sekda defenitif.

“Kami harapkan proses ini segera tuntas, cepat selesaikan supaya kita harapkan pembahasan APBD Perubahan 2022 minimal sudah ada sekda definitif,” pungkas legislator yang bakal bertarung di senayan ini.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU