Dukung Peningkatan SDM, Bunda Literasi Malra Gelorakan Semangat Membaca

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Langgur, Suaradamai.com – Bunda Literasi Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Eva Eliya Hanubun, menyatakan akan intens dalam meningkatkan minat membaca bagi warga masyarakat.

Hal tersebut ditegaskannya disela-sela kegiatan Minggu Ceria, Sentuhan Merah Putih dan Literasi yang dilakukan oleh Anak Sekolah Minggu Gereja Protestan Maluku (GPM) Jemaat Anugerah.

Kegiatan yang digelar di lokasi wisata Pantai Pasir Panjang Ohoi Ngilngof, Minggu (14/8/2022) tersebut, merupakan kerjasama TP PKK Malra dan Jemaat GPM Anugerah Ohoijang.

Hadir pula Bupati M. Thaher Hanubun, Ketua Majelis Jemaat setempat Pendeta George Anakota, serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Malra.

Pada kesempatan itu, Eva Hanubun menggelorakan semangat membaca di kalangan masyarakat termasuk anak dan remaja untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM).
.
“Hari ini kami ada kegiatan kerjasama dengan Gereja Anugerah Ohoijang dengan membawa serta 380 anak-anak (anak dan remaja). Insya Allah kedepan nanti akan lebih banyak lagi jumlahnya dari saat ini,” kata Eva Hanubun.

“Saya ingin warga termasuk didalamnya anak dan remaja di Malra ini bisa lebih cerdas dan pintar dengan membaca,” katanya menambahkan.

Menurut Eva Hanubun, membaca merupakan suatu keterampilan yang harus dipupuk dam dibina serta dikembangkan dari mulai pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan, sehingga membaca merupakan suatu kebudayaan yang dapat menciptakan masyarakat pembelajar (learning society).

Selaku Bunda Literasi, dirinya juga akan melakukan kerja sama dengan Pemda Malra dalam upaya meningkatkan minat baca.

“Saya punya program baru (masih bersifat program) yakni ingin adanya pojok baca. Kami akan kerjasama dengan Pemda agar ada pojok-pojok baca di semua kantor (instansi) Pemda Malra,” bebernya.

Untuk dunia pendidikan, Eva Hanubun berharap adanya sistem digital di setiap sekolah yang membantu anak-anak agar mereka dapat mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan mesia sosial yang lebih baik dan lebih cerdas.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Rencana Strategis Perpustakaan Nasional RI Tahun 2020-2024, maka pemerintah daerah perlu melakukan Pengukuran Indikator Kinerja Kunci (IKK) Urusan Pemerintahan Bidang Perpustakaan, yang salah satunya yaitu Nilai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).

Nilai kegemaran membaca masyarakat adalah tingkat perilaku atau kebiasaan masyarakat dalam memperoleh pengetahuan dan informasi dari berbagai bentuk media yang dapat dilakukan secara mandiri oleh pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentu.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU