Forum OPD Dishub Maluku Satukan Persepsi Perencanaan Bidang Perhubungan

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno meminta agar penyusunan program harus efektif dan efisien.


Ambon, suaradamai.com – Dinas Perhubungan Provinsi Maluku menggelar Forum Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tahun 2020 yang  akan berlangsung di MBD.

Forum OPD dan Rapat Teknis Dishub tersebut dibuka dengan resmi oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno yang ditandai dengan pemukulan Tifa bertempat di Aula Dinas Perhubungan Maluku, Air Salobar, Ambon, Kamis (20/2/2020).

Forum OPD Dinas Perhubungan Provinsi Maluku berlangsung dibawa sorotan tema

“Memaksimalkan Sinergitas antar instansi guna percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas  SDM yang berdampak pada peningkatan ekonomi wilayah dan kesejahteraan masyarakat”.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Andre Wijaya Kusuma, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakan forum OPD Dinas Perhubungan adalah mewujudkan kemantapan pelayanan jasa transportasi yang berkualitas dan terintegrasi antar Kabupaten/kota se-Maluku dan antar gugus pulau,meningkatkan konektivitas pelayanan transportasi antar gugus pulau di Maluku yang ditandai dengan meningkatnya pergerakan arus penumpang dan barang (Sumber Daya Alam) melalui simpul-simpul transportasi yang telah ada, sebagai wahana koordinasi dan sikronisasi kebijakan pembangunan yang dilaksanakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari, yang dilaksanakan di aula Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan kerja sama antar OPD guna mempercepat tercapainya tujuan pemerintah daerah dalam peningkatan perekonomian masyarakat serta pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran.

Selain itu, kata dia, forum Rakernis itu pun menjadi momentum evaluasi terhadap kegiatan di bidang transportasi, usulan program pembangunan sektor perhubungan Provinsi Maluku untuk tahun mendatang (tahun 2021 dan 2022), sinkronisasi terkait program perencanaan pembangunan sektor perhubungan antara provinsi, kabupaten/kota dengan UPT pusat yang berada di daerah.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, mengatakan hal ini bukan karena kekurangan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam tetapi miskin karena soal akses.

“Karena dalam menyusun program, bukan hanya untuk mengurus program dan APBD. Tetapi juga harus efektif, belum tentu efisien dan efisien belum tentu efektif. Kalau bisa efektif itu jadi efisien,” ujarnya.

Wagub berharap dalam kepemimpinan Kepala Dinas Perhubungan, Ismail Usemahu,  dapat menambah, mengembangkan, memperbanyak apa yang telah dilakukan oleh Kepala Dinas Perhubungan sebelumnya, dan juga hal-hal yang belum sempurna dapat disempurnakan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengungkapkan, forum OPD yang berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari OPD  Pemerintah Provinsi Maluku, staf Dinas Perhubungan, UPT Dirjen Perhubungan Darat, Laut dan Udara, Mitra Kerja BUMN, BUMD lingkup Dinas Perhubungan Provinsi Maluku.

“Jadi kegiatan ini melibatkan seluruh stakeholders di bidang perhubungan untuk menyatakan persepsi dalam perencanaan pembangunan bidang perhubungan di Maluku,” urainya. (cintiasamangun/tarsissarkol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU