Selasa, Januari 19, 2021

Gaji Guru Kontrak Belum Layak, DPRD Usul Kenaikan Jadi Rp `1,5 Juta

Ambon, suaradamai.com. Upah gaji guru kontrak tingkat SMA/SMK di Maluku yang diberikan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 sebesar Rp 1,012,000,- belum mampu menjawab kebutuhan. Terhadap itu anggota Komisi IV DPRD Maluku, Hengky Pelata lewat pembahasan Badang Anggar (Banggar) telah menyepakati dan mengusulakan dinaikan menjadi sebesar Rp 1,5 juta per bulan.

“Yang pasti sebagai bagian dari Komisi IV DPRD Maluku, posisi gaji guru kontrak SMA’SMK di Maluku yang selama ini didapati olah para guru lewat APBD 2020, menurut pandangan kami sebagai anggota komisi IV dan secara kolektif dalam pembahasan Banggar DPRD kemarin, kami sudah menyapakati sudah dan menyampaikan resmi, kepada Banggar Pemerintah Provinsi (Pemprov) bahwa upah atau gaji guru kontrak yang diberikan Pemprov Maluku lewat APBD 2020 sebesar Rp 1,012,000,- belum mampun untuk menjawab, sehingga dalam seluruh aktifitas kami di Komisi IV ketika melakukan pengawasa, reses dan melakukan pertemuan dengan seluruh para guru kontrak, terdapat banyak kecenderungan sehingga harus ada kenaikan sebesar Rp 1,5 juta,”ujar anggota Komisi IV DPRD Maluku, Hengky Pelata, pada awak media, Senin(21/12).

Menurutnya, selama sering terjadi kecemburuan sosial antara guru kontrak di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mana guru kontrak lewat APBD Kabupaten/Kota upahnya diatas Rp 1.015.000,- beda dengan provinsi yang hanya mampu memberikan sebesar Rp 1.012.000,- sehingga hal ini menjadi penting untuk dibahas Komisi IV dan mendapat kesepakatan bersama antara Banggar DPRD dan Pemprov untuk dinaikan sebesar Rp 485.000,- sehingga total yang diterima per bulan sebesar Rp 1,5 juta di tahun anggaran 2021.

“Harapan kami dengan Rp 1,5 juta akan mimicu motivasi dan semangat dari teman-teman yang mendapat kesempatan diterima sebagai guru kontrak, untuk bisa mengabdi melakukan tugas kerjanya dengan baik, “harapannya.

Selain itu dengan penambahan sebesar Rp 1,5 juta dapat memberikan motivasi yang baru bagi para guru kontrak, sehingga dengan sendirinya dapat menghampun kesenjangan yang terajdi diantara para guru kontrak di kabupaten/kota dan provinsi.

“Hari ini kami sebagai wakil rakyat melihat, betapa giginya semangat para guru kontrak di SMA/SMK dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar untuk membantu proses pendidikan di Maluku, sehingga kami juga berharap dengan adanya penambahan gaji mereka, dapat mengangkat semangat mereka untuk melakukan tugas pengabdian dalam mencerdasakan kehidupan anak bangsa khsusunya di Maluku,”harapnya lagi.

Sementara bagi guru yang mengukuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan dinyatakan lolos, Pelata juga berharap agar dalam sistim pendistribusian tenaga guru yang sudah ditetapkan sebagai PNS harus dapat mempertimbangkan pada posisi dimana mereka awalnya di kontrak, sehingga dapat dikembalikan ke tempat semula mereka ditetapkan.

“Dari aspek sarana prasarana tempat tinggal mereka, nantinya tidak ada masalah lagi jika nantinya ditempatkan ditempat dimana mereka awalnya ditempatkan, sehingg saran saya kalau penempatan itu juga dapat dikembalikan ke sekolah-sekolah dimana mereka ditempatkan,”tawarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?