Minggu, Oktober 25, 2020

Hadiri Panen Raya Rumput Laut, Bupati Minta Masyarakat Peduli Lingkungan

Bangunan liar yang berada di kawasan Hoat Sorbay harus ditertibkan.


Langgur, suaradamai.com – Ohoi Arso Kecamatan Hoat Sorbay merupakan salah satu ohoi (desa) yang fokus pada usaha budidaya rumput laut. Selama 20 tahun lebih, ohoi ini untuk pertama kali menggelar panen raya rumput laut dan dihadiri langsung Bupati Maluku Tenggara M.Taher Hanubun, Kamis (18/6/2020).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, komoditi rumput laut saat ini menjadi bagian dari sumber pendapatan masyarakat Ohoi Arso senantiasa menjadi kekayaan alam yang perlu dilestarikan. 

Kepada camat dan pejabat kepala ohoi, Bupati menegaskan agar bangunan liar yang berada di kawasan Hoat Sorbay harus ditertibkan.

“Bangunan-bangunan liar yang ada di sekitar ini harus diterbitkan dan punya izin surat izin, kalau tidak suatu saat nanti akan berakibat buruk (pada lingkungan),” tegas Bupati.

“Kita harus melestarikan lingkungan sekitar karena lingkungan inilah yang telah memberikan kehidupan kepada kita. Kita jaga lingkungan ini dan lingkungan juga akan melindungi kita,” tambahnya.

Di samping itu, Bupati mengatakan, Pemkab Malra tengah disibukan dengan pandemi virus corona. Meski begitu, pemda tetap optimis meningkatkan usaha rakyat yang berbasis komoditas unggulan agar tetap berjalan baik.

Masyarakat Ohoi Arso diharapkan tetap menjalankan usaha rumput laut dalam kondisi alam saat ini yang tak selalu baik. Dari situlah memaksa masyarakat untuk berinovasi.

Dalam upaya mendukung pemberdayaan rumput laut di kawasan Hoat Sorbay, terutama di Ohoi Arso, pada tahun 2019 lalu pemda telah menyediakan sarana budidaya rumput laut berupa kaspo, mesin ketinting dan tali sebanyak tiga paket bagi tiga kelompok. Selain itu, pembuatan kebun bibit laut melalui seleksi varitas, yang bertujuan untuk menghasilkan bibit yang berkelanjutan.

“Dalam rangka penataan kawasan sesuai pemanfataan, telah dilakukan kajian rencana aksi penataan dan pemanfaatan di kawasan teluk Hoat Sorbay 2019 lalu. Tahun 2020 terdapat kurang lebih 20 paket bantuan budidaya rumput laut yang sudah disalurkan ke Ohoi Arso,” tambahnya.

Menurut Bupati, hasil produksi rumput laut pada kawasan teluk Hoat Sorbay telah memberi sumbangan yang penting bagi daerah. Jumlah dan kualitas yang dihasilkan telah memenuhi kebutuhan baik  dalam daerah dan luar daerah seperti Tual, Kaimana Papua dan Dobo Kepulauan Aru.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU