Hadiri Pelantikan PPK Kota Ambon, Pj Wali Kota Ingatkan Bangun Sinergitas

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kota Ambon, dilakukan oleh Ketua KPU Kota Ambon, Muhammad Shaddek Fuad.


Ambon, Suaradamai,com – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena menghadiri pelantikan dan pengucapan sumpah janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kota Ambon, di ruang Vlissingen, Rabu (04/01/2023).

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kota Ambon, dilakukan oleh Ketua KPU Kota Ambon, Muhammad Shaddek Fuad.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota katakan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilu dan pemilukada tahun 2024, yang baru dilantik dan diambil sumpahnya di dapat melaksanakan tugasnya secara baik, dengan berpedoman pada Undang-Undang Pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada.

“Pemilu adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakansebagai sarana partisipasi masyarakat. Pelaksanaan pemilu dan pemilukada 2024 mendatang dilaksanakan serentak. Yang pertama menggabungkan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/ kota secara bersamaan pada tanggal 14 februari 2024, serta yang kedua menggabungkan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati pada tanggal 27 november 2024 mendatang,” jelasnya.

Penjabat mengingatkan, Panitia Pemilihan Kecamatan merupakan salah satu unsur penyelenggara pemilu dan pemilukada yang bekerja di wilayah kecamatan dan bersentuhan secara langsung di lapangan untuk selalu menjaga integritas dalam pelaksanaan pemilu dan pemilukada 2024.

“Untuk itu mari sama- sama kita bangun sinergitas antar penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu dan pemerintah didukung oleh TNI dan Polri, pers dan ormas-ormas yang ada.
Kegiatan ini berpedoman pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada),” jelasnya.

Wattimena umgkapkan, anggota PPK harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilukada 2024, sehingga semua dapat berjalan lancar, baik dan aman.

“Tugas pokok dan fungsi PPK sangatlah strategis, mulai dari tahap perencanaan sampai
dengan evaluasi. keberadaan PPK sangat menentukan, mengingat PPK merupakan
perpanjangan tangan KPU dan akan melaksanakan kebijakan- kebijakan organisasi ditingkat kecamatan, serta melaksanakan koordinasi dengan PPS dan KPPS sebagai implementor di tingkat desa/kelurahan,”tandasya.

Penjabat berharap, anggota ppk yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi internal, baik secara vertikal maupun horizontal agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilu dapat terlaksana dengan baik.

“Saya mengingatkan agar Panitia Pemilihan Kecamatan membaca serta dapat memahami dan menguasai peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun aturan turunannya, untuk menghindari salah tafsir dalam penerapan hukum. Memahami tugas, wewenang tanggungjawab serta memahami kode etik sebagai pelaksanaan pemilu, serta bersikap netral dan mampu mengaplikasikan dalam bekerja dengan baik,”harapnya.

Dirinya juga meminta agar PPK memberikan edukasi mengenai penyelenggaraan pemilu bagi masyarakat di wilayah tugasnya.

“Hal inilah yang menjadi tantangan dan mesti diperhatikan dalam pelaksanaan tugas PPK nantinya.Selaku penjabat walikota, salah satu tugas adalah memfasilitasi penyelenggaraan pemilu dan pemilukada 2024, mulai dari yang pertama pemilihan presiden/wakil presiden, anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD provinsi dan DPRD kota ambon, dan yang kedua adalah pemilihan Gubernur/wakil gubernur serta pemilihan walikota/wakil walikota tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN.

“Olehnya itu saya berharap dukungan prioritas dari anggota PPK sehingga tugas prioritas ini dapat terimplementasikan dengan baik. Saya juga perlu mengingatkan bahwa di era kemajuan IPTEK dan teknologi informasi saat ini, semua hal menjadi lebih terbuka dan transparan di media sosial. Apapun yang kita lakukan tentunya akan sangat mudah disoroti oleh masyarakat. Oleh sebab itu, lakukanlah tugas bapak/ibu selaku PPK dengan baik dan jujur. Ingatlah bahwa tugas bapak/ibu pada pemilu dan pemilukada 2024 akan menentukan nasib bangsa, provinsi dan kota ini,”tandasnya.


Menurutnya, kedepan suksesnya pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara pemilu dan peserta pemilu saja, namun harus didukung seluruh pemangku kepentingan, demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan.

“Saya percaya bapak ibu yang dilantik saat ini telah melalui proses seleksi yang ketat, sehingga kinerja dan integritasnya tidak perlu diragukan lagi,”tutupnya.

Hadir dalam pelantikan itu, Ketua KPU Kota Ambon dan staf, Forkopimda Kota Ambon, Camat Sirimau, Camat Nusaniwe, Camat Teluk Ambon Baguala, Camat Teluk Ambon, Camat Leitisel, Kapolsek Teluk Ambon Baguala, Kapolsek Nusaniwe, Kapolsek Sirimau, Kapolsek Leitisel, Kapolsek Teluk Ambon Ambon.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU