Hafis Indonesia Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Alfian terpilih menjadi imam masjid di UEA setelah melalui dua kali tes di Jakarta.


Suaradamai.com – Rahmat Alfian Hidayat, hafiz asal Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, lolos seleksi menjadi Imam Masjid Besar di Uni Emirat Arab (UEA).

Pria kelahiran 22 Juli 1994 itu adalah satu dari 27 hafiz asal Indonesia yang terpilih menjadi imam masjid di negara kaya minyak itu.

Penghafal Alquran jebolan Ma’had Umar Bin Khattab Surabaya dan Pondok Pesantren Ibnu Ali Sidoarjo itu, akan berangkat ke UEA Juni 2021 mendatang.

Alfian terpilih menjadi imam masjid di UEA setelah melalui dua kali tes di Jakarta. Yaitu pada 2-4 Desember 2020 dan 3-5 Maret 2021.

Ujian yang dia lalui seputar kefasihan membaca Alquran, kelancaran hafalan 30 juz, pendalaman ilmu Fiqih imam dan ibadah secara umum, serta kemampuan khotbah dalam Bahasa Arab.

Mendengar prestasi salah satu warganya itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa bangganya di akun instagram pribadinya @khofifah, Rabu (28/4/2021).

“Turut senang bersyukur sekaligus bangga, Rahmat Alfian Hidayat hafidz asal Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini lolos seleksi jadi Imam Masjid Besar di Uni Emirat Arab,” kata orang nomor satu di Jawa Timur itu dalam unggahannya.

Dia berharap, Alfian bisa betah di negeri orang dan bisa menjalankan tugas dengan baik di Uni Emirat Arab.

Pemprov Jawa Timur juga akan turut serta memfasilitasi keberangkatannya.

Sepanjang 2017-2020 Alfian telah menorehkan sederet prestasi di bidang hafalan Alquran, yakni juara 1 hafalan Alquran dan tafsir Bahasa Inggris Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 Jatim tahun 2017, juara 1 hafalan Al Qur’an dan tafsir Bahasa Inggris MTQ ke-28 Jatim tahun 2019, juara 3 hafalan Alquran 30 juz se-Jatim di Jombang tahun 2020.

Selain di dalam daerah, dia juga banyak menoreh prestasi di kompetisi hafalan Alquran antar provinsi dan akhirnya bisa tembus internasional.

Editor: Labes Remetwa


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU