Hasil Bumi Meningkat, Wakil Ketua DPRD Minta Pemkab Malra Sediakan Pasar

Hasil pertanian di Pasar Langgur meningkat, penjual bertambah, daya beli turun.


Langgur, suaradamai.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Albert Efruan meminta pemerintah daerah setempat menyediakan pasar lain untuk menjawab peningkatan produksi hasil bumi di Pasar Langgur.

Politisi Partai Gerindra itu membenarkan temuan lapangan Suara Damai, bahwa ada penambahan jumlah pedagang hasil bumi di Pasar Langgur, akibat peningkatan produksi pertanian.

“Setiap pagi kan Beta ada di pasar. Memang betul informasi ini. Nanti besok Beta koordinasikan dengan Kepala Dinas Pertanian dan Disperindag untuk mencari solusi atas masalah ini,” ujar Abe, sapaan Albert, Jumat (6/8/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, enam pedagang yang diwawancarai mengalami penurunan pendapatan harian sekitar 50 persen. Hal ini juga diakibatkan karena hasil pertanian meningkat dan penjual bertambah, khusus hasil bumi.

Aisyah Ohoirat, pedagang asal Yafavun, mengatakan, biasanya dia harus mendatangkan hasil bumi seperti ubi-ubian dari luar daerah mendekati musim kemarau seperti sekarang ini. Namun akhir-akhir ini sudah tidak lagi karena produksi meningkat.

Albert menambahkan, sedianya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mensiasati waktu panen hasil pertanian, serta bersama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Ketenagakerjaan untuk menyediakan pasar menjawab kondisi ini.

“Karena produksi yang begitu banyak, sementara sumber (pendapatan) hanya di Pasar Langgur. Jadi memang dinas harusnya menjadi solusi, artinya menyediakan pasar lain untuk memasarkan hasil produksi mereka (pedagang),” jelas Abe.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU