Indonesia-China Makin Akrab, Dampaknya Sangat Besar

Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan langsung  Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping.


Jakarta, Suaradamai.com,– Pemerintah Indonesia dan China terus memperkuat hubungan bilateral. Salah satunya dengan menandatangani sejumlah kerja sama di bidang ekonomi, maritim, dan perdagangan usai KTT G20 di Bali baru-baru ini.

Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan langsung  Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping.

Naskah kerja sama itu ditandatangani oleh perwakilan dari Cina seperti Ketua Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi Republik Rakyat Cina, dan Menteri Perdagangan Cina.

Sementera Indonesia ditandatangani tiga menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Berikut daftar kerja sama bilateral Indonesia dan China.

1. Rencana Kerja Sama Promosi Bersama dalam Kerangka Kerja Poros Maritim Dunia dan Belt and Road Initiative;

2. Memorandum of Understanding (MoU) Pembangunan Bersama Pusat Konservasi, Riset, dan Inovasi Tanaman Obat Indonesia-Cina;

3. MoU Pelatihan Kejuruan Sektor Industri;

4. MoU Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Digital;

5. Persetujuan Perluasan dan Pendalaman Kerja Sama Bilateral Ekonomi dan Perdagangan Lebih Lanjut.

Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi sebelumnya telah menegaskan komitmen untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

“Saya bersedia melakukan komunikasi strategis secara mendalam dengan Bapak Presiden untuk bersama-sama mendiskusikan bagaimana mengembangkan hubungan bilateral ke depan, dan merancang cetak biru pembangunan komunitas senasib sepenanggungan Cina-Indonesia,” kata Xi Jinping.

Salah satu proyek kerja sama strategis antara Indonesia dan Cina yang tengah berlangsung adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan beroperasi Juni 2023.

Ada juga berbagai proyek kerja sama lainnya seperti pembangunan Kawasan Industri Weda Bay, Kawasan Industri Morowali, dan Kawasan Industri Hijau Kalimantan Utara.

Selain itu ada proyek Tsinghua Southeast Asia Center, Two Countries Twin Park, serta beberapa proyek kerja sama lainnya yang akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU