Isu Kenaikan Biaya Sewa Kontainer Usik Harga Bahan Pokok Di Tual

“Hanya saja dalam seminggu terakhir ini, ada isu kenaikan harga sewa kontainer yang pastinya sangat berefek pada harga bahan pokok di pasaran,” ujar Tamnge.


Tual, suaradamai.com – Menjelang hari raya keagamaan dan akhir tahun, kondisi perekonomian pada masyarakat Kota Tual tercatat stabil pada November ini.

Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Tual, Irwan Tamnge mengatakan, saat peninjauan terhadap kondisi riil, perekonomian Kota Tual dan Maluku Tenggara sebagai daerah penyangga dalam tiga tahun terakhir ini masih dalam batas normal dan bisa terjangkau.

“Hanya saja dalam seminggu terakhir ini, ada isu kenaikan harga sewa kontainer yang pastinya sangat berefek pada harga bahan pokok di pasaran,” ujar Tamnge.

Menanggapi isu tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, untuk memastikan kebenaran informasi dan langkah selanjutnya.

“Tentang kenaikan sewa kontainer itu secara langsung sangat mempengaruhi daya beli masyarakat, karena dengan adanya kenaikan harga sewa, tentunya harga bahan pokok juga dengan sendirinya mengikuti kenaikan harga kontener,” ungkap Tamnge.

Menurutnya, langkah-langkah konkrit yang dilakukan pemerintah Kota Tual melalui dinas perindag sangat efektif  dalam mengantisipasi hat dimaksud.

“Saat ini Kepala Dinas perindag sementara berkoordinasi dengan pihak kontainer, ada tiga kontainer yang masuk, ada upaya-upaya konkret dan kami ingin menanyakan secara langsung sebab-sebab kenaikan,” jelasnya.

Tamnge menambahkan, hasil survei sementara, kenaikan jelang hari raya keagamaan saat ini ada pada minyak goreng. Sedangkan pada komoditi lainnya tidak mempengaruhi ekonomi pasar dan masyarakat secara signifikan.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU