Kadis Disperindag Kota Tual: Penggunaan Pembayaran QRIS Masih Lambat dan Stagnan

“Banyak pedagang yang awal-awal saja mereka menaruh barcode QRIS-nya di etalase, setelah itu tidak lagi. Jadi memang butuh ekstra effort untuk masyarakat lebih tersosialisasi menggunakan akses pembayaran digital ini.” tukas Darnawati.


Tual, Suaradamai.com – Telah disosialisasikan sejak setahun yang lalu penggunaan QRIS di pasar tradisional masih terkesan lambat dan tidak maksimal.

Hal ini disampaikan Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual Darnawati Amir, SKM, MM, Kamis (5/1/2023). Dikatakan QRIS menjadi perhatian penting Kementerian Dalam Negeri agar bagaimana transaksi jual beli di pasar tradisional itu mulai menggunakan akses digital.

Tentu selama 1 tahun ini, pihaknya banyak melakukan upaya edukasi kepada para pedagang dengan dibantu oleh pihak bank tetapi hasilnya hingga saat ini masih terkesan lambat dan stagnan.

“Kita sudah 1 tahun melakukan upaya edukasi kepada para pedagang, kepada juga masyarakat, dibantu dengan pihak-pihak bank, bahkan kita sudah memberikan akses kepada bank untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, terutama yang nasabahnya, untuk menggunakan QRIS di outlet-outlet dagangan masing-masing, tetapi memang penggunaan QRIS di pasar tradisional ini masih sangat rendah.” ujar Darnawati.

Darnawati juga menambahkan, penggunaan QRIS hanya dilakukan para pedagang pada awal-awal masa sosialisasi, tetapi setelah itu dengan kurangnya jumlah pembeli yang menggunakan akses digital, maka para pedagang tidak lagi menggunakan barcode QRIS untuk pembayaran.

“Banyak pedagang yang awal-awal saja mereka menaruh barcode QRIS-nya di etalase, setelah itu tidak lagi. Jadi memang butuh ekstra effort untuk masyarakat lebih tersosialisasi menggunakan akses pembayaran digital ini.” tukas Darnawati.

Darnawati menambahkan saat menggunakan QRIS, pedagang maupun pembeli bisa sama-sama diuntungkan. Selain bisa membayar hingga ke nilai satuan rupiah, juga bisa bertransaksi tanpa pembayaran tunai, yang tentu saja dinilai lebih aman.


Untuk diketahui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU