Kadispar Tual: Dokumen Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah Sudah Lengkap

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun mernargetkan, Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda) sudah bisa di-Perda-kan tahun ini.


Tual, suaradamai.com – Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun mengatakan, pihaknya sudah membuat Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda) Kota Tual.

Dokumen ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam membangun pariwisata Kota Tual kedepan.

“Penyusunan Ripparda sudah selesai. Hanya saja perlu di-Perda-kan dulu. Kami sudah punya rancangan peraturan daerah (Ranperda), dan sekarang tinggal berproses di DPRD,” jelas Enggelina kepada Suara Damai di ruang kerjanya, Selasa (28/9/2021).

Dia menargetkan, tahun ini, DPRD dan Pemkot Tual menetapkan Perda tentang Ripparda agar menjadi pedoman dalam pembangunan pariwisata kedepan.

“Kita sudah lengkapi semua dokumen, baik itu naskah akademik dan draft Ranperda tentang Ripparda, tinggal menunggu jadwal saja untuk pembahasan di DPRD,” imbuh Enggelina.

Ekowisata bahari

Menurut Enggelina, secara garis besar, Pemerintah Kota Tual membangun pariwisatanya berbasis ekowisata bahari atau pariwisata berbasis lingkungan bahari.

“Daya tarik kita kebanyakan ada di pesisir dan pulau-pulau kecil. Oleh karena itu kita fokus pada ekowisata bahari yang berkelanjutan atau lestari, berdaya saing, dan mensejahterakan,” jelas Enggelina.

“Wisata budaya dan lain-lain itu mendukung,” tambah dia.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU