Kapres PMKRI Langgur: Kami Fokus dan Konsisten pada Pengkaderan Anggota

Dalam PMKRI, kader adalah subjek belajar dan bukan objek belajar.


Langgur, suaradamai.com – Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Langgur Joseph Rahawarin menyampaikan pihaknya akan fokus dan konsisten pada pengkaderan anggota PMKRI.

Hal ini disampaikan usai menutup kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) di Margasiswa, Jumat (17/7/2020).

Jho, sapaan akrab Joseph, menyampaikan PMKRI sebagai organisasi pengkaderan sangat dirindukan untuk dapat memperjuangkan misi gereja di tengah masyarakat. Karena itu, roh organisasi adalah pengkaderan.

“Jadi Kader MPKRI adalah seseorang yang harus memiliki kedisiplinan dan dedikasi yang penuh disamping pengetahuan yang kokoh terhadap watak dan masa depan organisasi,” pungkasnya.

Menurut Jho, dalam PMKRI sendiri kader adalah subjek belajar dan bukan objek belajar. Sebagai subjek belajar, partisipasi dan keterlibatan aktif kader dalam proses belajar adalah keharusan. Partisipasi aktif bertujuan agar pembinaan yang dilakukan harus sampai pada praksisnya. Dengan kata lain, pembinaan di PMKRI tidak dilakukan secara parsial tetapi lebih dari pada itu pembinaan di PMKRI menekankan kebersatuan antara teori dengan aksi.

“Dalam rangka mencapai target pembinaan itu, maka dalam sistem PMKRI kami mengenal dengan pembinaan formal berjenjang, informal, dan nonformal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jho mengaku pihaknya sementara mepersiapankan silabus pembinaan untuk Kader PMKRI yang dipimpinnya. Ia berharap dengan silabus pembinaan yang sedang disusun dapat menjadi pedoman setiap kader dalam menjalankan fungsi sebagai kader PMKRI.

“Semoga silabus ini bisa melahirkan ide-ide, juga program yang menunjang peningkatan kualitas kader,” tutupnya.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU