Kepala Kantor Kemenag Malra: Keberangkatan Calon Jemaah Haji Tertunda

keputusan ini diambil mengingat masih mewabahnya virus Corona, sehingga pemerintah Arab Saudi belum membuka akses bagi seluruh negara di dunia, untuk melakukan ibadah rukun Islam yang kelima itu.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Republik Indonesia telah menemukan secara resmi terkait pembatalan keberangkatan calon jemaah haji pada musim haji tahun 2021 melalui surat keputusan Menteri Agama nomor 60 tahun 2021.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Fakhrul Rozi Hasanusi, Jumat (11/6/2021).

Dijelaskan, keputusan ini diambil mengingat masih mewabahnya virus Corona, sehingga pemerintah Arab Saudi belum membuka akses bagi seluruh negara di dunia, untuk melakukan ibadah rukun Islam yang kelima itu.

“Sebetulnya dari pembatalan pemberangkatan haji adalah kita masih ada pada suasana pandemi covid 19, dan pemerintah Saudi sampai tanggal 3 Juni kemarin, belum membuka akses masuk, bukan hanya buat kita di Indonesia, tapi juga untuk semua negara-negara yang akan mengirimkan nama calon haji ke tanah suci,” jelas Fakhrul

Disinggung soal informasi yang beredar terkait kemungkinan adanya penyalagunaan dana haji oleh pemerintah, Hasanusi mengatakan, hal itu adalah hoax atau tidak benar karena sampai saat ini anggaran khusus jemaah calon haji masih tersedia sambil menanti dibukanya kembali akses untuk pelaksanaan ibadah haji, untuk itu, dirinya meminta masyarakat agar tidak mudah terpengaruh akan isu tersebut.

“Adanya isu kemungkinan penyalahgunaan dana haji karena dibatalkan tahun ini memperlihatkan bahwa itu tidak benar, karena memang anggarannya masih ada dan tidak akan dipakai untuk penggunaan pembangunan infrastruktur yang lain,” tegas Fakhrul.

Dananya tetap aman, kata dia, ini bukan karena pemerintah Saudi tidak menerima pembayaran dari pemerintah Indonesia untuk memberangkatkan jamaah haji kemudian dibatalkan, tapi memang satu-satunya alasan adalah karena kita masih masa pandemi covid-19.

Sebelumnya Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara telah melakukan berbagai persiapan seperti pembekalan manasik dan lainnya kepada kurang lebih 75 calon jamaah haji yang siap diberangkatkan, namun karena adanya pembatalan tersebut, maka Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara telah menyampaikan secara resmi terkait hal ini kepada para calon jamaah haji.

Editor: Petter Letsoin


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU