Komisi II Tinjau Kesiapan RSUD Karel Tangani Pasien Covid-19

dr. Ketty membenarkan adanya peningkatan jumlah kasus dalam 10 hari terakhir.


Langgur, suaradamai.com – Komisi II DPRD Kabupaten Maluku Tenggara meninjau kesiapan RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, Selasa (15/12/3020).

Tinjauan ini menyusul adanya informasi terkait peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Malra yang meningkat drastis. Saat ini ada 14 pasien terkonfirmasi positif virus Corona.

“Bertepatan juga dengan Dewan (DPRD) sementara melakukan pengawasan, sehingga penting sekali untuk mendapatkan konfirmasi langsung terkait persoalan Covid-19, juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kesiapan APD dan sebagainya,” kata Wakil Ketua Komisi II Esebius Utha Safsafubun menjelaskan alasan kunjungan kepada Plt. Direktur RSUD Karel dr. Ketty Notanubun.

dr. Ketty membenarkan adanya peningkatan jumlah kasus dalam 10 hari terakhir. Saat ini, lanjutnya, pihak rumah sakit sementara melakukan berbagai persiapan.

“Kami sudah rapat. Saya juga sudah menyiapkan surat edaran (tentang protokol kesehatan di RSUD) … Bagi saya, yang utama adalah tenaga kesehatan lebih dulu aman,” jelas Ketty.

Dia menambahkan, semua orang yang masuk RSUD Karel Sadsuitubun Langgur akan dilakukan screening atau pemeriksaan awal, dengan tujuan mencegah penyebaran virus di lingkungan rumah sakit.

Pihak RSUD, tambah Ketty, tidak akan memberlakukan lagi jam besuk. “Palingan, kita izinkan satu penunggu saja.”

Terkait kelengkapan alat, Kepala Dinas Kesehatan Malra ini memastikan bahwa alat lengkap. Pemda juga sudah menyiapkan Puskesmas Ngilngof untuk karantina. “47 tempat tidur ada di sana. Air sudah. Listrik sudah. Semua sudah siap,” katanya.

Menjawab pertanyaan Utha tentang kondisi pasien, Ketty, menjelaskan bahwa kondisi saat ini beda dengan yang sebelumnya. Ada dua pasien menunjukkan gejala yang berat. “Sesak (napas). Gejalanya berat. Tapi sudah tertangani,” ungkap Ketty tentang kondisi pasien saat ini.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni 3 M; mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Dengan bantuan masyarakat, mudah-mudahan kita kuat hadapi gelombang kedua ini,” ujarnya.

Editor: Labes Remetwa


Plt. Direktur RSUD Karel dr. Ketty Notanubun memastikan alat di rumah sakit lengkap.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU