Komisi III DPRD Malra Dorong Percepatan Pengoperasian Pabrik Rumput Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong empat komoditas unggulan melalui budidaya terintegrasi.  Salah satu dari komoditas tersebut adalah rumput laut.


Langgur, suaradamai.com – Komisi III DPRD Kabupaten Maluku Tenggara mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengoperasikan pabrik rumput laut yang terletak di Ohoi (Desa) Letvuan, Kecamatan Hoat Sorbay.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III Septian Brian Ubra usai rapat pembahasan Plafon Perubahan Anggaran Sementara (PPAS) di Langgur, Rabu (8/9/2021).

Brian menjelaskan, dalam rapat perubahan anggaran tahun 2021, anggaran yang dikelola di sisa tahun ini kecil, sehingga mereka fokus pada kegiatan prioritas. Salah satunya adalah industri rumput laut.

Komisi III mendorong, lewat fungsi anggaran, untuk mendukung program seaweed estate atau budidaya rumput laut terintegrasi di Malra.

“Sesuai penjelasan tim anggaran pemerintah daerah, rencana untuk penyertaan modal sekitar Rp2,5 miliar bagi lima BUMD yang sudah dibentuk. Nah, nilai ini masih bisa berubah, tetapi tetap melihat berbagai grand design yang disiapkan oleh OPD teknis dalam rangka pengoperasian pabrik rumput laut itu sendiri,” jelas Brian.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong empat komoditas unggulan melalui budidaya terintegrasi.  Salah satu dari komoditas tersebut adalah rumput laut.

Untuk rumput laut ini, Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam menyiapkan seaweed estate di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Sumba Timur.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU