Lantik 39 Kepsek, Wawali Tual: Hasil Seleksi Guru Kompeten dan Miliki Skill Manajerial

Untuk mewujudkan pendidikan berkualitas, maka perlu peningkatan kapasitas dan peran terutama para kepala sekolah.


Tual, suaradamai.com – Pelantikan pejabat struktural dan fungsional kembali berlangsung di pemerintah Kota Tual. 58 pejabat dilantik oleh Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge yang berlangsung di Pendopo Yarler Tual, Rabu (3/2/20).

Pejabat struktural dan fungsional yang dilantik terdiri dari pejabat eselon IIIA berjumlah 2 orang, pejabat eselon IIIB berjumlah 3 orang, pejabat eselon IV berjumlah 11 orang, pengawas sekolah berjumlah 3 orang dan kepala sekolah berjumlah 39 orang.

Wakil Wali Kota Tual, Usman Tamnge, mengatakan sesuai amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa tujuan nasional adalah untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

“Tujuan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut bertumpu pada pendidikan sebagai faktor yang sangat penting. Apalagi dalam amanah konstitusi sangat jelas memerintahkan bahwasannya setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, yang berarti bahwa hak-hak masyarakat untuk memperoleh, menikmati dan mengikuti pendidikan harus dipenuhi oleh pemerintah baik pusat maupun daerah,” kata Wawali Tual.

Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge melantik 58 pejabat struktural dan fungsional di Pendopo Yarler Tual, Rabu (3/2/20).

Upaya mewujudkan hak-hak masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan peningkatan peran terutama para kepala sekolah.

“Upaya peningkatan tersebut antara lain dilakukan dengan seleksi kepala sekolah dalam rangka menjaring guru yang memiliki potensi dan kemampuan (skill) manajerial,” tandasnya.

Wawali Tual mengatakan, dalam konsep pendidikan nasional, penyelenggaraan pendidikan diarahkan untuk menjadi pranata sosial yang kuat dan berwibawa guna memberdayakan semua warga negara Indonesia yang dapat berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

“Kualitas manusia yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia pada masa yang akan datang adalah yang mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan bangsa lain di dunia, dan kualitas manusia tersebut hanya dapat diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu,” paparnya. (danielmituduan/tarsissarkol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU