Lantik Pengurus AMKEI, Pj Walikota Renuat Tegaskan Rasa Solidaritas dan Semangat Kebangsaan

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tual, Suaradamai.com – Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Anak Muda Kepulauan Evav Indonesia (AMKEI) periode 2024-2029 resmi dilantik Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut yakni Uskup Diosis Amboina Mgr. Senno Ngutra, Penjabat (Pj) Walikota Tual Akhmad Yani Renuat dan Pj Bupati Maluku Tenggara Jasmono.

Renuat dalam sambutannya mengingatkan anak muda Kei (Evav) tentang solidaritas dan semangat kebangsaan yang harus tetap ditanamkan.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi pendorong bagi generasi muda Kei dalam upayanya untuk mencapai prestasi luar biasa dengan tetap terlibat aktif dalam pembangunan bangsa.

Mantan Sekda Kota Tual itu juga merasa bangga, karena baru pertama kalinya ia bertemu dalam wadah perkumpulan AMKEI dalam hubungan persatuan dan persaudaraan serta silaturahmi dalam nuansa suka cita yang penuh dengan kekeluargaan itu.

“Atas nama Pemerintah Kota Tual saya ucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus AMKAI pada hari ini. Dengan harapan bahwa dengan adanya wadah AMKAI ini dapat menjadi media atau wadah silaturrahim antar sodara dan memperkuat hubungan persaudaraan sejati atau Hidip Orang Basudara yang disebut dengan Ain ni Ain,” pinta Renuat.

Falsafah ain ni ain, lanjut Renuat, merupakan salah satu modal sosial kultural orang Kei yang sangat berharga, dimana berdasarkan adat memiliki hubungan geneologis atau hubungan darah.

Selain itu, falsafah ain ni ain dari sisi pemaknaannya adalah sebuah sosiologis kultural yang mengandung arti sangat luas dan mendalam bagi seluruh generasi Kei.

Renuat menegaskan, hal ini menjadi sangat penting karena mengandung janji dan sekaligus memberi inspirasi kepada orang Kei, tentang sebuah model kehidupan, model relasi sosial antar manusia didalam masyarakat, relasi lintas individual, lintas kelompok, lintas desa dan bahkan lintas agama yang dikenal dengan pluralisme dan kemajemukan.

“Pemerintah Kota Tual menyadari bahwa momentum pelantikan dan pengukuhan AMKEI ini adalah sebuah anugerah ilahi yang mengilhami jiwa dan semangat anak Evav untuk menyatukan semua energi dan potensi yang dimiliki bersama Pemerintah Daerah sebagai mitra untuk bersinergi mendorong percepatan pembangunan demi kemajuan dan kesejahteran di Kota Tual dan Nuhu Evav tercinta,” pungkasnya.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU