Layani Rute Kei Kecil-Kei Besar, KMP. MTH Akan Beroperasi dalam Waktu Dekat

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KMP. MTH sempat diturunkan untuk melayani peserta Kunker Gubernur ke Kei Besar.


Langgur, suaradamai.com – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara (Dishub Malra) Nikson Hukubun mengatakan, Kapal Motor Penumpang Maluku Tenggara Hebat atau KMP. MTH akan beroperasi dalam waktu dekat.

Hal itu ia sampaikan kepada awak media usai mengikuti sejumlah kegiatan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Maluku di Elat, Rabu (3/5/2023). KMP. MTH juga sempat diturunkan untuk melayani peserta Kunker.

Menurut Hukubun, KMP. MTH masih dalam tahap uji coba. Ada sejumlah pengujian yang masih harus dilakukan untuk memastikan beroperasinya kapal jenis roro itu.

“Ada beberapa uji yang harus dipenuhi. Misalnya, mekanisme pengangkutan dan penurunan kendaraan, kemudian yang lebih penting itu penguasaan terkait mekanisme pengawakan kapal ini,” ungkap Hukubun.

Ia menambahkan, kapal yang bersumber dari DAK Fisik 2022 itu direncanakan akan melayani masyarakat di Kei Besar Selatan dan Kei Kecil.

Kapal ini memiliki daya tampung 50 orang dan mampu mengangkut 15 unit kendaraan roda dua.

Hukubun mengatakan, pengelolaan KMP. MTH akan dikerjasamakan dengan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). Hal itu dikarenakan BUMD di Malra belum memiliki kompetensi untuk mengelola pelayaran kapal roro.

“MoU dengan ASDP sudah ditandatangani oleh Pak Bupati dengan Manager Bisnis Operasional dan Pelayanan Regional IV di Makassar. Dari ASDP yang akan mengawaki (kapal). Pemda menyiapkan dana untuk operasional,” jelas Hukubun.

Ritual “rinin” iringi perjalanan peserta Kunker

Sebelum melayani peserta peserta Kunker Gubernur Maluku ke Kei Besar, para Rat/Raja melakukan ritual adat “rinin” atau penyucian secara adat terhadap KMP. Maluku Tenggara Hebat. Acara adat tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Motor Watdek Langgur, Rabu (3/5/2023).

Ritual dipimpin oleh Rat Jab Faan Patrice Renwarin, didampingi Rat Ihi Bes Nerong Moh. Ekan Refra, dan Rat Manyeuw Rumadian Norbertus Watratan.

Rat Jab Patrice Renwarin sembari memegang kelapa muda, mengucapkan doa adat, mengucap syukur atas kehadiran kapal tersebut, meminta perlindungan untuk kerja pemerintah daerah, dan perjalanan peserta Kunker.

Selanjutnya ia memercikan air kelapa mengelilingi kapal dan di dalam kapal.

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama Ibu, Sekda Malra Ahmad Yani Rahawarin, dan jajaran pimpinan OPD.

Rombongan naik dan melakukan perjalanan menuju Elat. Terhitung perjalanan dilakukan selama kurang lebih dua jam, berangkat pukul 07.40 WIT dan tiba pukul 09.56 WIT.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU