Manfaat Petatas Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warna ungu yang muncul pada petatas ini disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya yang berkhasiat bagi kesehatan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.


Suaradamai.com – Ubi ungu merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Ubi ungu memiliki nama latin Ipomoea batatas L. Ubi ungu populer dengan nama purple yam, purple sweet potato, hingga Okinawa sweet potato, merujuk pada tempat asal dan bentuknya yang serupa kentang. Di Maluku, masyarakat menyebutnya dengan petatas ungu.

Petatas ungu memiliki banyak perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan ubi jalar biasa. Selain warnanya yang ungu, aroma petatas ungu juga cenderung lebih khas. Rasanya juga variatif, mulai dari sangat manis, agak manis, agak pahit hingga pahit.

Warna ungu yang muncul pada petatas ini disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya yang berkhasiat bagi kesehatan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti dimuat di blog.sayurbox.com baru-baru ini, petatas ungu memiliki 140 kalori, 27 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,1 gram lemak, 4 gram serat, 0,83% kebutuhan harian sodium, 13,5% kebutuhan harian potasium, 2% kebutuhan harian kalsium, 4% kebutuhan harian zat besi, 40% kebutuhan harian vitamin C dan 4% kebutuhan harian vitamin A yang tentunya berfungsi bagi kesehatan tubuh.

Berikut ulasan manfaat petatas ungu bagi kesehatan yang direkomendasikan oleh Kementerian Pertanian RI.

1. Petatas ungu ternyata dapat membantu turunkan tekanan darah karena terdapat kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa jenis ubi ini bisa menyehatkan usus, karena terdapat pati resisten dari petatas ungu yang mampu meningkatkan Bifidobacteria (bakteri baik pada usus).

3. Petatas ungu memiliki beberapa kandungan seperti serat, antioksidan, mineral, dan Vitamin B sehingga membantu mengendalikan peradangan jantung dan pembuluh darah.

4. Petatas ungu mampu mencegah berbagai jenis kanker pada manusia, dikarenakan memiliki antosianin efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi.

Petatas ungu juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh, meredakan peradangan, menjaga hati tetap sehat, mengurangi berat badan hingga penuaan dini.

Editor: Henrik Toatubun


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU