Masyarakat Ohoi Langgur Dalam Waktu Dekat Akan Memiliki Kepala Ohoi Definitif

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Langgur, Suaradamai.com – Warga masyarakat Ohoi (Desa) Langggur, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan memiliki Kepala Ohoi Definitif.

Penjabat Kepala Ohoi Langgur, Joseph A. Dumatubun membenarkannya. Sabtu (22/1/2022),

“Secara resmi disampaikan bahwa pada tanggal 27 Januari 2022 akan dilakukan Pengukuhan Adat Orangkai ohoi Langgur atas nama Hyronimus Justinus Sohak (HJS) Dumatubun,” tegasnya.

Dumatubun mengungkapkan, proses pencalonan Kepala Ohoi Langgur sudah berlangsung beberapa waktu lalu sejak bulan Mei hingga Juni 2021 Badan Saniri Ohoi (BSO) telah melakukan prosesnya.

Selain itu, proses pada Riinkot juga dilakukan dan telah melahirkan satu calon tunggal atas nama HJS Dumatubun.

“Jadi, seluruh persyaratan yang menjadi syarat pencalonan telah disampaikan oleh calon yang bersangkutan kepada pimpinan dan anggota BSO Langgur dan telah dilanjutkan tahapannya ke Bupati melalui Camat Kei Kecil,” tandasnya.

Menurutnya, karena telah diusulkan dan diputuskan menjadi satu persetujuan rapat Pimpinan dan Anggota BSO, sehingga selaku Pejabat Kepala Ohoi yang tugasnya memfasilitasi, dirinya telah melanjutkan proses tersebut termasuk didalamnya percepatan proses pengukuhan adat.

“Persyaratan administratif dari calon Kepala Ohoi Langgur atas nama HJS Dumatubun telah terpenuhi (memenuhi syarat) termasuk syarat umum dan khusus antara lain Rekomendasi dari Rat Yab Faan (Raja Ohoilim Tahit) telah disampaikan kepada calon yang bersangkutan,” bebernya.

Dengan demikian, setelah proses di tingkat Riinkot selesai, dilanjutkan dengan tahapan di BSO yang telah melahirkan satu keputusan yakni menetapkan calon atas nama HJS Dumatubun sebagai calon tunggal dan telah dilanjutkan ke Bupati Malra melalui Camat Kei Kecil.

“Kita berharap, dalam waktu dekat masyarakat Ohoi Langgur akan memiliki Kepala Ohoi defintif yang selama ini menjadi sebuah kerinduan dan pergumulan panjang,” pungkasnya.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU