MBD Juara Lomba Festival Pangan Lokal B2SA

“Ke depan, kita akan tetap mengembangkan potensi potensi produk lokal dan tetap berkordinasi dengan patner- patner PKK seperti OPD terkait, dan kelompok kelompok binaan lainnya,”pungkasnya.


Ambon, suaradamai.com – Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berhasil menjuarai Lomba Festival Pangan Lokal B2SA, kategori Produk Komersial dan juara harapan 1 kategori Pencegahan Stunting, yang diumumkan pada pembukaan Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi Maluku dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -49 tahun 2021, di Islamic Center, Kamis (18/11/2021).

Hasil yang diraih ini, menurut Ketua TP- PKK MBD, Rely Noach, merupakan kemenangan tim, karena dilakukan dalam sebuah kerjasama tim yang luar biasa kompak.

“Sebelum lomba di tingkat provinsi, kami memang lakukan persiapan, yang dikoordinir Pokja 3 dan Pokja 4,”jelasnya usai penutupan Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi Maluku, Sabtu (19/11/2021).

Ia menjelaskan, Pokja 3 dan Pokja 4 juga bekerjasama dengan Dinas Ketahan Pangan MBD untuk mengidentifikasi produk-produk unggulan dan kreatif yang selama ini merupakan hasil buah tangan dari kelompok-kelompok binaan PKK untuk selanjutnya di kemas secara unik dan menarik.

Menurut Rely, yang diikutkan dalam perlombaan B2SA antara lain, dendeng kerbau dan penganan seperti kue kering dari bahan dasar jagung dan daun kelor, yang merupakan makanan sehari-hari masyarakat MBD.

“Yang kami tampilkan dalam lomba antara lain kue kue kering yang dibuat menggunakan tepung dari jagung dan tepung dari kelor yang  dikemas dengan menarik sehingga bisa di komsumsi oleh masyarkat,”terangnya.

Dia menambahkan, untuk mendapatkan hasil yang menggembirakan ini dan juga menjadi produk komersial yang menjadi ciri khas di MBD, TP-PKK telah buat pelatihan dimana ibu-ibu yang mengikuti pelatihan tersebut langsung praktek  sehingga mendapatkan hasil yang baik. Setelah itu baru dimasukkan dalam resep.

“Ke depan, kita akan tetap mengembangkan potensi potensi produk lokal dan tetap berkordinasi dengan patner- patner PKK seperti OPD terkait, dan kelompok kelompok binaan lainnya,”pungkasnya.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU