Mencuci Tangan yang Benar Menghindari Penularan Covid-19

Mewabahnya COVID-19 (Coronavirus Diseases) membuat masyarakat ada dalam kondisi ketakutan. Sisi positif dari mewabahnya virus ini adalah masyarakat mulai membudayakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Kebiasaaan mencuci tangan ini mulai dibiasakan sejak virus ini mewabah di Indonesia pada akhir tahun 2019 hingga saat ini.

Merebaknya pandemi COVID-19 ini telah menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, bahkan di Maluku, telah ditetapkan sebagai zona merah dimana jumlah penderita yang terinfeksi virus ini semakin meningkat jumlahnya. Pemerintah tidak tinggal diam dalam menyikapi adanya wabah ini. Ada langkah-langkah positif yang ditunjukan dan digalakkan untuk mencegah penularan virus ini. Salah satu anjuran pemerintah yang patut dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah mengikuti Protokol COVID-19. Salah satu protokol COVID-19 adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, bahkan sebelum masuk dalam rumah ataupun gedung. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar virus ataupun bakteri yang menempel pada tangan dapat dibersihkan sebelum tangan melakukan aktivitas lainnya.

Budaya mencuci tangan saat ini sedang digalakkan bahkan seluruh masyarakat mematuhinya. Namun, yang sangat disayangkan adalah masyarakat awam belum mencuci tangan secara baik dan benar sehingga kemungkinan bakteri dan virus masih dapat tertinggal pada tangan walaupun telah mencucui tangan. Karena penularannya melalui droplet atau sectret batuk maupun secret hidung melalui bersin, dan cara masuknya melalui hidung, mulut dan mata, yang tersering disentuh oleh tangan, maka ada baiknya selain penggunaan masker serta alat pelindung lainnya adalah dengan cara cuci tangan, mencuci tangan sesering mungkin, sehabis bersalaman, sebelum makan, sesudah makan, setelah beraktivitas. Mencuci tangan yang baik menurut WHO adalah dengan handscrub  atau dengan sabun  selama 60 detik. Cara mencuci tangan menurut WHO ada 6 langkah. Agar pelaksanaannya mudah, maka dapat juga mengikuti gambar tahapan mencuci tangan di bawah ini. Semoga bermanfaat. Salam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU