Mulai Membaik, PDP Covid-19 Berstatus ODP

0
1394
Dokter Pontoh (kanan) dalam konferensi pers didampingi Tim Satgas Covid-19 Provinsi Maluku di Kantor Gubernur Maluku, kemarin, Kamis (19/3/20). Foto/Chintia Samangun

“Mulai membaik, pasien kini sudah diturunkan status menjadi ODP,” jelas Dokter Pontoh.


Ambon, suaradamai.com – Satgas penanganan wabah Covid-19 Pemerintah Provinsi Maluku terus memberikan informasi perkembangan penanganan virus yang mulai mewabah di beberapa daerah di Indonesia. Kabar gembira disampaikan, pasien yang diduga terinfeksi Covid-19 dalam perawatan di RSUD Haulussy Ambon mulai membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr.Meykal Pontoh menyebutkan 4  Orang Dalam Pengawasan (OPD) tim kesehatan RUSD Haulussy Ambon.

“Untuk sampel tidak jadi dikirim hari ini. Sehingga nantinya besok baru dikirim ke Jakarta untuk dilaksanakan pemeriksaan,” ungkap Dokter Pontoh saat memberikan keterangan pers didampingi Tim Satgas Covid-19 Provinsi Maluku di Kantor Gubernur Maluku, kemarin.

Dokter Pontoh menepis informasi yang beredar di media sosial maupun media massa yang terkesan telah menjustifikasi pasien asal negara Jepang tersebut terinveksi Covid-19.

“Seseorang mau ditetapkan terjangkit itu ada tahapan, mulai dari Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien dengan Pengawasan (PDP) dan suspect.  Itu harus melewati dulu status seperti itu sehingga tahap pemeriksaan dan penangganan. Pengambilan spesimen itu masih dikatakan bahwa hasil belum dinyatakan positif,” tepisnya.

Sambung Dokter Pontoh, seseorang yang menjalani isolasi belum dapat ditetapkan suspect Covid-19. Apalagi, pasien asal awalnya dalam status PDP, kini mulai membaik dan sudah turunkan status menjadi ODP.

“Mulai membaik, pasien kini sudah diturunkan status menjadi ODP,” jelasnya.

Reporter: Chintia Samangun/ Penulis: Tarsis Sarkol/ Editor: Tarsis Sarkol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here