Nugroho Jalani Sinergitas Dengan Pres, Senam Bersama dan Diskusi Santai

0
38
Komandan Bakamla Zona Maritim Timur, Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Joko Nugroho.
Komandan Bakamla Zona Maritim Timur, Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Joko Nugroho.

Ambon, Suaradamai.com – Bakamla Zona Maritim Timur Melaksanakan kegiatan Olahraga senam dan jalan sehat bersama insan Pers di Ambon Jumat (03/09/2022).

Komandan Bakamla Zona Maritim Timur, Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Joko Nugroho, M.Si, usai kegiatan dilakukan diskusi santai di atas Kapal Patroli KN Ular Laut 405.

“Tugas dan kewenangan Bakamla Zona Maritim Timur meliputi provinsi Maluku, Maluku Utara, NTT dan Papua. Untuk mengawasi zona Timur maka ada beberapa tugas atau giat Bakamla Zona Maritim Timur yakni, melakukan operasi laut berupa patroli rutin, operasi sar gabungan bersama Basarnas, polair, TNI angkatan laut perbedaannya masyarakat pesisir berupa sosialisasi dan bantuan sosial kepada masyarakat pesisir serta Sinergitas antar stakeholder,” ungkap Komandan Bakamla.

Tugas pokok mahkamah  sesuai visi yakni, terwujudnya keamanan dan keselamatan laut yang terpercaya dan profesional dalam rangka menuju Indonesia maju dan berdaulat dan kepribadian berlandaskan gotong royong dan dibentuk pada 2014 lalu.

Mendukung seluruh tugas dan tanggung jawab Bakamla Zona Timur, tentu ada sarana prasarana menunjang tugas-tugas di lapangan di mana Bakamla Zona Timur didukung oleh kapal patroli yang terdiri dari unsur kapal negara, Catanmaran dan RHBI.

Selain itu, ada juga sistem peringatan dini, Radio GMDS (Global Maritime Distress and Safety Sistem), LRC (Long Range Camera), dan AIS (Automatic identification system’).

“Sedangkan misi dari bakamla sendiri yakni pertama. Meningkatkan penjagaan, pengawasan, pencegahan, dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan yuridikasi Indonesia dengan berpedoman pada ketentuan hukum nasional internasional.

Kedua memperkuat kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah yuridiksi Indonesia untuk memperkuat jati diri Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Ketiga, menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan yang mandiri dan kuat berbasiskan kepentingan nasional di wilayah perairan Indonesia dan wilayah perairan Indonesia dan di wilayah yuridiksi Indonesia, ” jelas Komandan Bakamla Zona Timur.

Kehadiran komandan makam lasona Timur dan instan pers di atas kapal KN ular laut 405 juga mendapat sambutan hangat dari kapen Kapal KN Ular Laut 405, mendapatkan suguhan menu makanan, minuman makan buah-buah oleh Letkol Bakamla Umar Dani beserta seluruh kru kapal KN ular laur 405.

Sambil menikmati hidangan yang disediakan, komandan Bakamla Zona Timur, Dr. Drs. Haris Joko Nugroho, M.Si. diskusi santai.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here