PDIP Akan Segera Umumkan Capres, Sekjen: Sudah Disiapkan Matang Jadi Pemimpin

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dia mengatakan, sosok itu bisa melanjutkan napas perjuangan Presiden RI ke-1 Soekarno, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden saat ini, Joko Widodo (Jokowi).


Jakarta, Suaradamai.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan segera mengumumkan calon presiden (capres) di tahun ini (2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P mengungkapkan hal tersebut dalam jumpa pers virtual baru-baru ini.

Hasto mengatakan, Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri sudah memutuskannya. Dimana keputusan capres dari partai berlambang banteng itu adalah hak prerogatifnya.

“Ibu Mega telah memutuskan untuk rencana mengumumkan calon presiden pada 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan bahwa capres dari PDI-P bocorannya akan diumumkan pada 2023 ya,” ujar Hasto.

Meski Hasto tidak membocorkan siapa nama dari capres yang akan diusung oleh Megawati itu, namun dia sedikit memberi gambaran secara umum.

Dia mengatakan, sosok itu bisa melanjutkan napas perjuangan Presiden RI ke-1 Soekarno, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden saat ini, Joko Widodo (Jokowi).

“Bocoran kedua, calon itu yang diputuskan tentu saja yang mampu melanjutkan napas kepemimpinan perjuangan dari Bung Karno, Ibu Mega, dan Pak Jokowi,” tuturnya.

Bocoran terakhir dari Hasto, capres yang akan diumumkan ini sudah disiapkan secara matang untuk menjadi pemimpin.

Sebab, menurutnya, seorang pemimpin harus bisa memikul tanggung jawab bagi masa depan bangsa.

“Ketiga, bahwa calon tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab bagi masa depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan, partai berlambang banteng itu sudah memiliki calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Walaupun mengaku sudah punya capres sendiri, Puan tidak mengungkapkan figur capres tersebut dan waktu pasti dideklarasi.

“Secepatnya (dideklarasikan), semua deg-degan ya menunggu calon PDI-P. Secepatnya, dan PDI-P punya calon (presiden),” kata Puan kepada wartawan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu 17 Desember 2022.

Jelas Puan, deklarasi capres PDIP bakal digelar pada 2023.

Ketua DPR RI itu menerangkan, partainya bakal mendeklarasikan capres di momen yang tepat.

“Tanggal, bulan, jam yang terbaik buat calon (presiden) PDI-P. Nanti kita tunggu tahun depan,” sebut putri Megawati Soekarnoputri itu.

“Harus tahun depan, kalau enggak, keburu 2024,” tambahnya.

Diketahui, PDI-P hingga kini belum mengumumkan langkah politiknya jelang Pemilu 2024.

Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri berulang kali menyerukan partainya untuk terus terjun ke masyarakat mendengar dan membantu persoalan mereka.

Sementara untuk pencapresan, Megawati menginstruksikan kadernya untuk bersabar dan menunggu waktu yang tepat.

Sebagai satu-satunya partai politik (parpol) yang memenuhi ambang batas pencalonan presiden, partai banteng itu bisa mengusung capres dan cawapres sendiri tanpa membentuk koalisi bersama parpol lain.

Selama ini, Puan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai figur kuat capres PDI-P.

Nama kedua kader PDIP itu terus menjadi perbincangan publik, bahkan kerap kali masuk radar capres dengan elektabilitas tinggi dari sejumlah lembaga survei.

Meskipun demikian, Ganjar selalu memiliki elektabilitas yang tinggi dari sejumlah survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei untuk maju ke pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Namun, siapapun yang akan diusung PDIP untuk bertarung adalah hak prerogatif Ketum Megawati.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU