Pelantikan Pemuda Katolik Maluku Tenggara: Gerakan Membangun Solidaritas Kader

Bagi Tanlain, Pemuda Katolik adalah garda terdepan gereja dan bangsa. Pemuda Katolik harus menjadi agen perubahan, juga harus menjadi garam dan terang yang membawa kedamaian di gereja dan bangsa terutama di Maluku Tenggara.


Langgur, suaradamai.com – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Maluku Tenggara periode 2022-2025 resmi dilantik. Organisasi Masyarakat (Ormas) Katolik di Bumi Larvul Ngabal itu kini dipimpin oleh Meilani Tanlain.

Sebagai ketua yang baru, Tanlain berupaya membangun solidaritas kader Pemuda Katolik di Tanah Kei. Hal itu tampak jelas dalam tema pelantikan Pemuda Katolik di Kimson Center 17 September lalu, yakni “Akselerasi Gerakan Pemuda Katolik dalam Membangun Solidaritas Kader di Bumi Larvul Ngabal”.

Bagi Tanlain, kaderasasi kepemimpinan dewasa ini sangatlah penting. Maka selain menjadi wadah pengkaderan, ia ingin agar Pemuda Katolik harus bertranformasi menjadi payung konsolidasi kader.

“Pemuda Katolik merupakan organisasi elit gereja, Laboratorium kaum muda profesional yang memiliki intelektual tinggi, dengan semangat patriotisme yang digembleng dalam nafas ke-Katolik-an sejati,” tegas Tanlain dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut.

Menurut Tanlain, tema pelantikan tersebut merupakan pijakan yang kuat untuk mengarahkan organisasi pada gerakan-gerakan baru di level berikutnya.

Baginya, Pemuda Katolik adalah garda terdepan gereja dan bangsa. Pemuda Katolik harus menjadi agen perubahan bagi gereja dan bangsa. Pemuda Katolik juga harus menjadi garam dan terang yang membawa kedamaian di gereja dan bangsa terutama di Maluku Tenggara.

“Saya berharap Pemuda Katolik harus berada di depan untuk memberi teladan, di tengah masyarakat dan gereja untuk menggerakan, di belakang untuk memberi dorongan. Seperi kata KH Dewantara ‘ingarso sung tulodho, ingmadyo mangun karso, tutwuri handayani’,” ujar Tanlain.

Lebih lanjut ia menegaskan, gerakan Pemuda Katolik harus dilandasi dengan semangat Mgr. Yohannes Aerts dkk. Maka dari itu, Tanlain mengajak Pemuda Katolik harus memiliki esensi dan eksistensi di tanah para martir.

“Pemuda Katolik bangkit untuk melahirkan kader-kader yang cerdas, tangguh dan berani yang dirajut dalam bonum commune. Hidup untuk menghidupkan,” ujar Tanlain.

“Saya mengajak semua kader Pemuda Katolik Maluku Tenggara untuk kita terus bangkit dan bergerak, harus menjaga komunukasi yang baik di antara anggota organisasi dan hirarki agar cita-cita besar kita untuk menjadikan ‘100% Katolik 100% Indonesia’, benar-benar terlaksana,” pungkas Tanlain.

Setelah pelantikan tersebut, kegiatan Pemuda Katolik Komcab Malra dilanjutkan dengan rapat kerja. Mereka telah menetapkan sejumlah program kerja dan rekomendasi dalam tiga tahun kedepan.

Untuk diketahui, acara pelantikan tersebut juga dihadiri Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Beny Wijayato.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU