Pemkab Malra Akan Bangun Rusunawa dan Rusus untuk ASN

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saat ini DPKPP sedang menyiapkan dokumen tambahan terkait pembangunan Rusunawa yaitu akses jalan masuk ke lokasi, saluran air, dan listrik.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP)  akan membangun Rusunawa dan Rusus untuk ASN.

Kepada reporter Suara Damai di ruang kerjanya, Senin (8/3/2021), Kepala Dinas DPKPP Malra Afan B. Ifat menuturkan, usulan pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan rumah khusus (Rusus) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Kementrian PUPR telah dilakukan antara tahun 2018-2019.

Penyediaan rumah bagi ASN juga pernah diinstruksikan oleh Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun kepada Kadis DPKPP dan PUPR Malra. Sehingga ASN yang melakukan perjalanan dinas ke Kei Besar dapat menggunakan fasilitas tersebut.

“Siapkan rumah dinas agar mereka yang melakukan perjalanan atau bertugas seperti ke Kei Besar tidak susah cari tempat tinggal sementara atau bolak-balik untuk urusan,” pesan Bupati saat kegiatan Forum OPD Dinas DPKPP bersama PUPR beberapa waktu lalu.

Afan menjelaskan, realisasi usulan Rusunawa dan Rusus itu melalui proses yang cukup panjang. DPKPP Malra telah mengusulkan Rusus untuk dibagun di Namar dan Letvuan. Oleh Balai Pelaksana Penyedia Perumahanan Provinsi Maluku, lanjut Afan, telah mengkonfirmasikan usulan tersebut yang akan terealisasi pada tahun 2022.

DPKPP juga telah mengusulkan pembangunan Rusunawa di Kei Besar bagi tenaga kesehatan dan guru yang ada di sana. Pembangunan Rusus yang diusulkan bertipe 36 (terdapat ruag tamu, kamar, WC dan dapur). DPKPP saat ini sedang mengurus dokumen pendukung seperti identifikasi lokasi pembangunan.

Rusus di Ohoi Namar dan Letvuan

Staff Bidang Perumahan DPKPP Malra Saverius Jamrewav menjelaskan, Pembangunan Rusus di Ohoi Namar dan Letvuan telah telah dikonfimasi oleh Balai Pelaksana Penyedia Perumahanan Provinsi Maluku yang mana akan mulai dibangun tahun 2022.

Usulan pembangunan Rusus telah dimasukan sejak tahun 2018-2019. Nantinya sumber anggaran pembangunan berasal dari DAK. Rusus yang akan dibangun di Ohoi Letvuan sebanyak 75 unit dann untuk Ohoi Namar sebanyak 50 unit.

“Kami telah diinfokan, tanggal 18 Maret Balai akan menggelar konsultasi regional (konreg). Sehingga hasilnya akan kami dengar terkait Rusus ini, kami meminta doa masyarakat sehingga hasilnya nanti akan memuaskan” ucap Saverius.

Saat ini DPKPP sedang menyiapkan dokumen tambahan terkait pembangunan Rusus yaitu akses jalan masuk ke lokasi, saluran air, dan listrik.

Pembangunan Rusus di Ohoi Namar berlokasi di jalur ke Ohoi Lairngangas. Sedangkan di Ohoi Letvuan akan dibangun dekat pantai.

Editor: Labes Remetwa


DPKPP juga telah mengusulkan pembangunan Rusus di Kei Besar bagi tenaga kesehatan dan guru yang ada di sana.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU