Pemkab Malra Dorong Debut Jadi Desa Wisata

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sejak agenda Wonderful Sail to Indonesia (WSI) masuk di Maluku Tenggara pada 2016 lalu, Ohoi Debut sering kali menjadi pintu masuk atau entry point para turis di Nusantara.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) mendorong Ohoi/Desa Debut di Kecamatan Manyeuw, sebagai Desa Wisata dalam rangka meningkatkan pertumbuhan wisata Bumi Larvul Ngabal.

Hal itu disampaikan Pj. Bupati Malra Jasmono dalam sambutannya saat menerima 135 turis mancanegara dan domestik dalam acara Wonderful Sail to Indonesia (WSI), di Pelabuhan Debut, Ohoi Debut, Selasa (2/7/2024).

“Ohoi Debut harus didorong menjadi desa wisata yang dapat berkompetisi secara nasional,” ucap Jasmono merujuk pada tiga Desa Wisata di Malra yang lebih dulu masuk 50 besar penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dalam tahun yang berbeda.

Belajar dari tiga desa wisata lainnya, lanjut Jasmono, maka untuk mengembangkan Desa Wisata Debut, perlu komitmen dan kerja sama semua pihak, terutama masyarakat Debut.

Sebab itu, Jasmono meminta agar masyarakat setempat menjaga keamanan dan kenyamanan di ohoi. Menurut dia, faktor keamanan sangat perlu mendapat perhatian serius dalam bisnis pariwisata.

Jasmono menambahkan, Pemkab Malra saat ini tengah mendorong pembangunan Pelabuhan Marina di Ohoi Debut. Dengan demikian, kedepan, dapat memudahkan wisatawan yang berkunjung lewat jalur laut.

“Ini menjadi peluang besar bagi Ohoi Debut untuk tumbuh dan berkembang di sektor pariwisata,” ujar Jasmono.

Untuk diketahui, sejak agenda Wonderful Sail to Indonesia (WSI) masuk di Maluku Tenggara pada 2016 lalu, Ohoi Debut sering kali menjadi pintu masuk para turis di Nusantara.

Editor: Labes Remetwa


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU