Pemkot Ambon Launching Bulan Imunisasi Nasional 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy katakan, imunisasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit  menular diantaranya tuberculosis, campak, rubela, hepatitis, difteri, polio, tetanus dan lainnya.  


Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon, mengadakan launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), di kompleks sekolah PDK, Sabtu (28/5/2022).

Dihadiri Forkopimda Kota Ambon,  pimpinan OPD lingkup pemerintahan Kota Ambon, guru-guru dan para siswa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy katakan, imunisasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit  menular diantaranya tuberculosis, campak, rubela, hepatitis, difteri, polio, tetanus dan lainnya

“Oleh karena itu tujuan dari imunisasi adalah menurunkan angka kesakitan, kecatatan, bahkan kematian.

Imunisasi juga melindungi anak agar saat  dewasa, mereka bisa mejadi lebih sehat dan kuat ,”jelasnya.

Salah satu kendala  yang dialami, yaitu saat  pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pelaksana imunisasi rutin tidak berjalan optimal.

Menurut Kadis, data beberapa tahun terakhir menunjukan terjadinya penurunan cakup imunisasi. Dampak dari penurunan cakupan imunisasi terjadi peningkatan jumlah kasus PD31 dan terjadi KLB campak,  rubela, dan difteri di beberapa wilayah termasuk kota Ambon yaitu di Negri Hative kecil

“Kasus rubela di Hatiwe kecil, yang  mana ada 2 orang terjangkit, sehingga  oleh Kementrian Kesehatan RI menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB)  rubela. Sehingga telah di lakukan ORI bagi anak usia 9 bulan sampai 59 bulan,”terangnya.

Pelupessy katakan, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan capaian imunisasi

“Sasaran BIAN yaitu anak usia 9 bulan sampai dengan 12 Tahun. Untuk anak di bawah 2 tahun diberikan /lengkapi statsus vaksinasi dan untuk anak usia 2 sampai 12 tahun di berikan vaksinasi campak dan rubela,”pungkasnya.

Untuk jumlah total sasaran BIAN,  Kadis katakan, usia  9 sampai dengan 12 tahun  sebesar 57.496, dengan rincian balita  16.608, sedangkan anak dan usia 5 sampai 12 tahun  yaitu 40.888 anak.

Kadis ungkapkan, pencanangan BIAN secara Nasional sudah di laksanakan pada tanggal 18 Mei 2022.

Sedangkan di kota Ambon sudah mulai sejak 19 Mei 2022 di posyandu dan sekolah- sekolah.

Kadis juga  berharap adanya peran serta semua sektor  untuk mendukung  pelaksanaan BIAN di kota Ambon.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU