Penjabat Bupati Tinjau Pengrajin Tenun dan Petani di Perbatasan Tanimbar

“Kain tenun ikat tidak hanya sebagai pakaian adat saja, tetapi juga sebagai budaya yang mengandung beragam makna serta mencerminkan nilai- nilai tertentu dalam masyarakat,” Kata Indey.


Saumlaki.suaradamai.com – Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel E Indey, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Selaru. Kecamatan Selaru sendiri merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Negara Australia. Desa-desa yang menjadi sasaran lawatan diantaranya Desa Adaut, Desa Kandar serta Desa Namtabun.

Dalam kunjungan kali ini, Penjabat Bupati memboyong Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Jacomina Indey, beserta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tiba di pelabuhan Desa Adaut, Senin (08/08/2022), Indey dan rombongan dijemput Camat Selaru Arthur Makatita, dan dilanjutkan ke Desa Kandar guna meninjau langsung para pengrajin tenun dan petani padi.

Berbincang dengan para pengrajin tenun ikat Tanimbar, Indey mengatakan kalau kerajinan tenun ikat KKT merupakan peradaban yang sudah ada pada kelompok – kelompok masyarakat asli. Dari sisi geowilayah Bumi Duan Lolat ini terdapat banyak motif yang merupakan warisan leluhur, sehingga kain tenun ikat Tanimbar memiliki motif maupun coraknya sendiri.

“Kain tenun ikat tidak hanya sebagai pakaian adat saja, tetapi juga sebagai budaya yang mengandung beragam makna serta mencerminkan nilai- nilai tertentu dalam masyarakat,” Kata Indey.

Dirinya mengharapkan para pengrajin tenun di daerah itu dapat menjaga eksistensi produk lokal dengan meregenerasi pengrajin tenun dari tahun ke tahun. Senada juga, Penjabat Bupati menyempatkan menyapa dan berbincang dengan para petani padi. Dimana dirinya mendengar masukan maupun kendala yang dihadapi para petani.

Selanjutnya, orang nomor satu di Tanimbar ini, melanjutkan perjalanan ke Desa Namtabun. Disana dirinya disambut dengan prosesi adat dan diangkat sebagai anak anak adat dalam mata rumah Malisngorar. Diakhiri dengan penilaian lomba 10 program PKK.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU